PENGEMBANGAN MODEL MATEMATIKA UNTUK PERENCANAAN EVAKUASI TSUNAMI SEBAGAI UPAYA MITIGASI BENCANA DI KECAMATAN TELUK SEGARA KOTA BENGKULU

Mayasari, Zulfia Memi and Mulia, Astuti and Nur, Afandi (2020) PENGEMBANGAN MODEL MATEMATIKA UNTUK PERENCANAAN EVAKUASI TSUNAMI SEBAGAI UPAYA MITIGASI BENCANA DI KECAMATAN TELUK SEGARA KOTA BENGKULU. Project Report. Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Text (Laporan Akhir Unggulan UNIB 2020)
4. Laporan akhir_Unggulan UNIB_Zulfia Memi Mayasari_2020.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB) | Preview

Abstract

Provinsi Bengkulu tergolong sebagai provinsi yang sangat rawan terhadap bencana gempa bumi dan tsunami. Untuk meminimalisir dampak bahaya tsunami, kesiapan mitigasi terhadap bahaya tsunami sangat diperlukan. Salah satu caranya dengan menyediakan informasi mengenai jalur evakuasi yang optimal dan tempat penampungan penduduk saat evakuasi (ESB) beserta kapasitasnya. Tujuan umum penelitian ini adalah mendapatkan model jalur evakuasi yang optimal untuk meminimalisir dampak bahaya tsunami. Tujuan ini akan dicapai melalui beberapa tahap, yaitu: Observasi dan pengumpulan data, penentuan dan analisis ESB dan lokasi ESB beserta kapasitasnya, merancang model graph jaringan jalan dalam wilayah penelitian, penentuan jalur berdasarkan jarak terpendek menggunakan algoritma Floyd Warshall, pengembangan model matematika untuk jalur evakuasi berdasarkan kondisi riil di lapangan untuk menentukan waktu evakuasi, penentuan jalur evakuasi tsunami dan analisis performansi program serta jalur evakuasi yang dihasilkan. Analisis ESB dilakukan berdasarkan lokasi dan kapasitas dari masing-masing gedung yang potensial dijadikan ESB. Dengan menggunakan cluster-cluster yang telah ditetapkan, tempat berkumpul yang telah ditetapkan dan ESB yang telah dianalisis, kemudian diterapkan pada graph jaringan jaringan jalan yang diboboti oleh jarak dan berdasarkan kondisi riil di lapangan yang diaplikasikan pada software yang telah dibuat sehingga diperoleh jalur evakuasi yang optimal.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Math Science
Depositing User: UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu
Date Deposited: 04 Apr 2023 03:06
Last Modified: 04 Apr 2023 03:06
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/11717

Actions (login required)

View Item View Item