PENDIDIKAN BERTARAF INTERNASIONAL: PERLU LANDASAN KONDUSIF BERUPA KEBIJAKAN DAN PRAKTEK MULTIBAHASA

Suwarno, Bambang (2017) PENDIDIKAN BERTARAF INTERNASIONAL: PERLU LANDASAN KONDUSIF BERUPA KEBIJAKAN DAN PRAKTEK MULTIBAHASA. In: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Nonformal FKIP Universitas Bengkulu"Optimalisasi Peningkatan Mutu & Kemandirian Dalam Menciptakan Lapangan Kerja Lulusan Prodi PNF Menghadapi Mea dan Bonus Demographi 2045”. Unit Penerbitan FKIP Universitas Bengkulu, Bengkulu, Indonesia, pp. 85-93. ISBN 978-602-8043-69-4

[img] Text
9. Bambang Suwarno PENDIDIKAN BERTARAF INTERNASIONAL PERLU LANDASAN KONDUSIF BERUPA KEBIJAKAN.pdf

Download (221kB)

Abstract

Globalisasi menuntut pengembangan SDM berdaya saing, yang diharapkan dapat dihasilkan oleh lembaga pendidikan bertaraf internasional. Ciri utama lembaga tersebut adalah pembelajaran dalam multibahasa, khususnya, hadirnya kelas-kelas berbahasa Inggris. Namun, sukses sekolah internasional memerlukan perubahan cara pandang terhadap bahasa, yaitu, kita perlu menerapkan kebijakan dan praktek bermultibahasa. India meruapakan contoh negara yang sukses mengembangkan kebijakan multibahasa dalam pengembangan SDM-nya. Dalam konteks ini, kebijakan dan praktek bahasa seharusnya progresif, yaitu mendukung pengembangan dan pemakaian bahasa daerah, bahasa Indonesia, dan bahasa Inggris dalam aktivitas dan kehidupan sehari-hari.

Item Type: Book Section
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Non-formal Education
Depositing User: Ari Putra Utama
Date Deposited: 19 Jul 2017 07:25
Last Modified: 19 Jul 2017 07:25
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/11771

Actions (login required)

View Item View Item