KARAKTERISTIK MINUMAN SERBUK INSTAN BUAH KECOMBRANG (ETLINGERA ELATIOR) CHARACTERISTICS OF KECOMBRANG (ETLINGERA ELATIOR) INSTANT FRUIT POWDER DRINKS

Silsia, Devi and Kurnia, Harlina Dewi and Vira, Puspita (2020) KARAKTERISTIK MINUMAN SERBUK INSTAN BUAH KECOMBRANG (ETLINGERA ELATIOR) CHARACTERISTICS OF KECOMBRANG (ETLINGERA ELATIOR) INSTANT FRUIT POWDER DRINKS. In: Seminar Nasional Agroindustri 2020, 10 November 2020, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Seminar Nasional Agroindustri 2020)
Prosiding Semnas Agroindustri TIP Fateta Unand 2020 Devi Silsia Minuman serbuk.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (884kB) | Preview

Abstract

Kecombrang (Etlingera elatior) merupakan tanaman yang telah lama dimanfaatkan masyarakat Indonesia. Bagian bunga dan buah kecombrang memiliki aktivitas antioksidan dan anti bakteri, sehingga memungkinkan untuk diolah menjadi pangan fungsional. Pengolahan sari buah kecombrang menjadi minuman serbuk instan akan meningkatkan daya simpan dan kepraktisan penggunaannya. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh penambahan gula dan maltodekstrin terhadap karakteristik minuman instan buah kecombrang serta mendapatkan produk yang paling disukai konsumen. Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) dua faktor yaitu penambahan gula (30, 45, dan 60 g) dan konsentrasi maltodekstrin (5, 10 dan 15 %). Hasil penelitian dianalisis dengan ANOVA dan uji lanjut dengan Duncan’s New Multiple Range (DNMRT) pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan gula dan maltodekstrin berpengaruh nyata terhadap kadar air, pH, kelarutan, dan kadar vitamin C minuman serbuk instan buah kecombrang dan berpengaruh tidak nyata terhadap kadar abu. Kadar air dan vitamin C menurun dengan bertambahnya gula dan meningkat seiring penambahan maltodekstrin. Kadar abu, pH dan kelarutan meningkat dengan bertambahnya gula dan maltodekstrin. Produk minuman serbuk instan buah kecombrang yang paling disukai konsumen adalah produk dengan penambahan gula 30 g dan maltodekstri 5%.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Industrial Technology of Agriculture
Depositing User: UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu
Date Deposited: 06 Apr 2023 06:04
Last Modified: 06 Apr 2023 06:04
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/11810

Actions (login required)

View Item View Item