KESESUAIAN KEBIJAKAN AKUNTANSI PERSEDIAAN DENGAN PSAK NOMOR 14 DAN IMPLEMENTASINYA (Studi Kualitatif pada PT Pamor Ganda Crumb Rubber Ketahun)

Hutauruk, Bie Alexander and Coryanata, Isma (2017) KESESUAIAN KEBIJAKAN AKUNTANSI PERSEDIAAN DENGAN PSAK NOMOR 14 DAN IMPLEMENTASINYA (Studi Kualitatif pada PT Pamor Ganda Crumb Rubber Ketahun). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
KESESUAIAN KEBIJAKAN AKUNTANSI PERSEDIAAN DENGAN PSAK NOMOR 14 DAN IMPLEMENTASINYA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only until 28 September 2017.
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelusuri dan mengungkapkan sejauh mana kesesuaian kebijakan akuntansi persediaan yang disusun oleh perusahaan dengan PSAK Nomor 14 dan implementasinya. Perusahaan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah PT Pamor Ganda Crumb Rubber yang berlokasi di Kecamatan Ketahun, Kabupaten Bengkulu Utara. Penelitian ini merupakan studi kualitatif yang akan menghasilkan temuan berdasarkan keseluruhan situasi sosial yaitu tempat, pelaku, dan aktivitas. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan tiga teknik dalam mengumpulkan data yaitu dengan wawancara terstruktur, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah dengan teknik analisis data model interaktif. Uji kredibilitas data dilakukan dengan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kebijakan akuntansi persediaan PT Pamor Ganda sudah sesuai dengan PSAK nomor 14 dan implementasinya. PT Pamor Ganda memiliki tiga jenis persediaan yaitu, persediaan bahan baku berupa lump (karet mentah), persediaan barang setengah jadi berupa crepe (gulungan karet kering), dan persediaan barang jadi berupa SIR-10. Metode penilaian persediaan pada PT Pamor Ganda menggunakan metode biaya rata-rata dimana total keseluruhan biaya yang dikeluarkan untuk perkebunan dibebankan pada total seluruh bahan baku yang dihasilkan dari perkebunan. Sistem pencatatan persediaan yang digunakan adalah sistem perpetual dimana perusahaan akan melakukan pencatatan setiap kali ada persediaan yang masuk dan keluar dari gudang penyimpanan pabrik. Kata Kunci: Akuntansi Persediaan, PSAK Nomor 14, PT Pamor Ganda Crumb Rubber

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economy > Department of Accounting
Depositing User: 160 Daryono Daryono
Date Deposited: 01 Nov 2017 06:24
Last Modified: 01 Nov 2017 06:24
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/11812

Actions (login required)

View Item View Item