PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DALAM MENGURANGI TINGKAT KENAKALAN REMAJA TIPE TERISOLIR DI KELAS XI SMA NEGERI 5 BENGKULU SELATAN

TRIKISWORO, ARNO and Hartuti, Pudji and Sulian, Illawaty (2017) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DALAM MENGURANGI TINGKAT KENAKALAN REMAJA TIPE TERISOLIR DI KELAS XI SMA NEGERI 5 BENGKULU SELATAN. UNSPECIFIED thesis, UNIVERSITAS BENGKULU.

[img] Archive (Tesis)
SKRIPSI ARNO.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan konseling kelompok dalam mengurangi tingkat kenakalan remaja tipe terisolir di kelas XI SMA Negeri 5 Bengkulu Selatan. Jenis penelitian ini adalah eksperimendengan desain penelitian one group pretest and posttest design. Sampel dalam penelitian ini adalah 30 orang siswa terpilih berdasarkan kriteria-kriteria yang telah ditetapkan oleh pratikan dan akan dibentuk dalam dua kelompok konseling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan pengetahuan siswa tentang kenakalan remaja meningkat setelah diberikan layanan konseling kelompok, hal ini terlihat dari mean pre-test = 86,6 dan mean post-test = 136, dengan nilai Z = -3,411 (p<0,05), ini berarti ada perbedaan pengetahuan siswa tentang kenakalan remaja sebelum dan sesudah pemberian layanan konseling kelompok. Kontribusi pengaruh variabel layanan konseling kelompok dalam mengurangi tingkat kenakalan remaja tipe terisolir terlihat dari indeks koefisien determinasi (R2)menunjukkan hasil sebesar 37,45%.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education
Depositing User: 164 Irma Rohayu
Date Deposited: 02 Nov 2017 03:39
Last Modified: 02 Nov 2017 03:39
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/11816

Actions (login required)

View Item View Item