PENGARUH PENGHINDARAN PAJAK, KEPEMILIKAN MANAJERIAL, DAN KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL TERHADAP LAMA WAKTU PENYAMPAIAN LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN

Marlena, Heni Septa and Suranta, Eddy (2017) PENGARUH PENGHINDARAN PAJAK, KEPEMILIKAN MANAJERIAL, DAN KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL TERHADAP LAMA WAKTU PENYAMPAIAN LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
pdf skripsi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only until 28 September 2017.
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris mengenai pengaruh penghindaran pajak, kepemilikan manajerial dan kepemilikan institusional terhadap ketepatwaktuan penyampaian laporan keuangan perusahaan. Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2013-2015. Penghindaran pajak diukur dengan menggunakan Book-tax Differences (BTD). Kepemilikan manajerial dan kepemilikan institusional diukur dengan menghitung persentase kepemilikan saham yang dimiliki oleh manajer dan investor institusi perusahaan diskalakan dengan total jumlah saham beredar. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah ketepatwaktuan yang diukur dengan melihat tanggal penyampaian laporan keuangan ke Bursa Efek Indonesia sejak berakhirnya periode pelaporan. Metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan panel data dengan jumlah observasi sebanyak 82 sampel. Analisis data dilakukan dengan regresi linier berganda dengan menggunakan program Eviews 9.0. hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa penghindaran pajak dan kepemilikan manaberpengaruh terhadap ketepatwaktuan penyampaian laporan keuangan perusahaan sehingga hipotesis diterima. Kepemilikan manajerial dan kepemilikan institusional tidak berpengaruh terhadap ketepatwaktan penyampaian laporan keuangan perusahaan sehingga hipotesis ditolak. Kata Kunci: Ketepatwaktuan, penghindaran pajak, kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, teori agensi, teori kepatuhan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economy > Department of Accounting
Depositing User: 160 Daryono Daryono
Date Deposited: 01 Nov 2017 07:24
Last Modified: 01 Nov 2017 07:24
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/11824

Actions (login required)

View Item View Item