PENGARUH BOOK TAX DIFFERENCE TERHADAP RELEVANSI NILAI INFORMASI LABA (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI)

Dita, Lidya Ofprama and Midiastuty, Pratana Puspa (2017) PENGARUH BOOK TAX DIFFERENCE TERHADAP RELEVANSI NILAI INFORMASI LABA (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI LIDYA OFPRAMA DITA C1C013111.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only until 28 September 2017.
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji book tax difference terhadap relevansi nilai informasi laba yang disajikan perusahaan. Relevansi nilai informasi laba dalam penelitian ini diukur menggunakan proksi market value equity. Penelitian ini mengklasifikasikan perusahaan sampel menjadi kelompok High ETR dan kelompok Low ETR berdasarkan perhitungan effective tax rate (ETR). Sampel penelitian ini adalah 85 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012-2015. Metode pengumpulan data menggunakan teknik purposive sampling. Data dianalisis menggunakan uji ANOVA-Compare Means untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan nilai book tax difference pada perusahaan yang termasuk High ETR dan Low ETR, dan analisis linear berganda dengan menggunakan bantuan software SPSS untuk mengetahui apakah pada perusahaan dengan book tax difference yang besar dan termasuk kelompok Low ETR memiliki relevansi nilai informasi laba yang rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan laba akuntansi dan laba fiskal pada perusahaan yang agresif (Low ETR) dan tidak agresif (High ETR). Perusahaan yang melakukan agresivitas pajak (Low ETR) memiliki relevansi nilai informasi laba yang lebih rendah daripada perusahaan yang tidak melakukan agresivitas pajak (High ETR). Kata Kunci: Relevansi nilai informasi laba, book tax difference, effective tax rate (ETR).

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Economy > Department of Accounting
Depositing User: 160 Daryono Daryono
Date Deposited: 01 Nov 2017 06:29
Last Modified: 01 Nov 2017 06:29
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/11845

Actions (login required)

View Item View Item