PENGARUH PENGHINDARAN PAJAK TERHADAP BIAYA HUTANG (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

Anggriani, Mai Dewi Lestari and Indriani, Rini (2017) PENGARUH PENGHINDARAN PAJAK TERHADAP BIAYA HUTANG (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
PENGARUH PENGHINDARAN PAJAK TERHADAP BIAYA HUTANG.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only until 28 September 2017.
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh penghindaran pajak terhadap biaya hutang. Penghindaran pajak menggunakan multiple measurement yaitu, ETR, CETR, dan BTD. Penelitian ini menggunakan 72 sampel perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan purprosive sampling. Pengujian hipotesis dilakukan dengan regresi data panel model fixed effect dan random effect dengan hausman test. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penghindaran pajak menggunakan proksi ETR tidak berpengaruh terhadap biaya hutang. Penghindaran pajak menggunakan proksi CETR tidak menunjukkan pengaruh terhadap biaya hutang. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa penghindaran pajak menggunakan proksi BTD tidak berpengaruh terhadap biaya hutang. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai rata-rata biaya hutang dan BTD yang kecil dan nilai rata-rata ETR dan CETR yang tinggi yaitu melebihi nilai tarif pajak yaitu 25% yang berarti perusahaan tidak melakukan penghindaran pajak. Sehingga sebaiknya penelitian selanjutnya memilih sampel yang memiliki biaya hutang dan penghindaran pajak yang tinggi. Kemudian pada penelitian ini terdapat perusahaan yang memiliki laba negatif. Sehingga sebaiknya penelitian selanjutnya memilih perusahaan yang tidak memiliki laba negatif agar terhindar dari bias dalam implementasi nilai ETR, CETR dan BTD. Kata Kunci: Biaya Hutang, Penghindaran Pajak (ETR,CETR dan BTD) 1) Calon Sarjana (Akuntansi) 2) Dosen Pembimbing

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Economy > Department of Accounting
Depositing User: 160 Daryono Daryono
Date Deposited: 01 Nov 2017 07:18
Last Modified: 01 Nov 2017 07:18
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/11848

Actions (login required)

View Item View Item