PENGARUH KINERJA LINGKUNGAN DAN KARAKTERISTIK DEWAN KOMISARIS TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN DENGAN RISIKO LINGKUNGAN SEBAGAI PEMODERASI (Studi Empiris pada Perusahaan Industri Pertambangan dan Industri Dasar dan Kimia yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2011 - 2015)

Pawestri, Norma Hana and Husaini, Husaini (2017) PENGARUH KINERJA LINGKUNGAN DAN KARAKTERISTIK DEWAN KOMISARIS TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN DENGAN RISIKO LINGKUNGAN SEBAGAI PEMODERASI (Studi Empiris pada Perusahaan Industri Pertambangan dan Industri Dasar dan Kimia yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2011 - 2015). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
skripsi Norma Hana P pdf.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only until 28 September 2017.
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji risiko lingkungan memperkuat hubungan kinerja lingkungan dan kinerja perusahaan serta untuk menguji risiko lingkungan memperkuat hubungan karakteristik dewan komisaris (ukuran dewan komisaris, proporsi komisaris independen, kepemilikan saham oleh komisaris terafiliasi, pengalaman dewan komisaris) dan kinerja perusahaan. Sampel penelitian adalah perusahaan industri pertambangan dan industri dasar dan kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2011-2015. Data yang digunakan adalah data sekunder. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 37 perusahaan. Analisis data dilakukan dengan Moderated Regression Analysis menggunakan program SPSS versi 16.0. Hasil pengujian hipotesis membuktikan bahwa risiko lingkungan memperkuat pengaruh positif ukuran dewan komisaris terhadap kinerja operasi perusahaan, juga memperkuat pengaruh positif kepemilikan saham oleh komisaris terafiliasi dan pengalaman dewan komisaris terhadap kinerja pasar perusahaan. Sedangkan risiko lingkungan tidak memperkuat hubungan kinerja lingkungan, proporsi komisaris independen, kepemilikan saham oleh komisaris terafiliasi, pengalaman dewan komisaris terhadap kinerja operasi perusahaan, juga tidak memperkuat hubungan kinerja lingkungan, ukuran dewan komisaris, proporsi komisaris independen terhadap kinerja pasar perusahaan. Kata Kunci : Kinerja Lingkungan, Karakteristik Dewan Komisaris, Kinerja Perusahaan, Risiko Lingkungan

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Economy > Department of Accounting
Depositing User: 160 Daryono Daryono
Date Deposited: 01 Nov 2017 06:54
Last Modified: 01 Nov 2017 06:54
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/11853

Actions (login required)

View Item View Item