PENERAPAN BALANCED SCORECARD SEBAGAI TOLOK UKUR PENILAIAN KINERJA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) KOTA BENGKULU

Andini, Puti and Abdullah, Abdullah (2017) PENERAPAN BALANCED SCORECARD SEBAGAI TOLOK UKUR PENILAIAN KINERJA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
skripsi puti andini.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only until 28 September 2017.
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Dalam menghadapi lingkungan bisnis yang semakin kompleks seperti saat ini dibutuhkan metode pengukuran kinerja yang dapat menilai kinerja perusahaan secara akurat dan menyeluruh. Dalam hal ini metode yang dapat digunakan adalah Balanced Scorecard. Tujuan penggunaan metode Balanced Scorecard adalah untuk mengukur kinerja perusahaan dari empat Prspektif, yaitu: perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif pertumbuhan/ pembelajaran, perspektif bisnis internal. Penulis melakukan pengukuran pada PDAM Kota Bengkulu dengan menggunakan data tahun 2012-2015 untuk menganalisis perspektif keuangan, sedangkan untuk perspektif lainnya menggunakan data perusahaan dan perhitungan kuesioner yang disebarkan kepada karyawan PDAM Kota Bengkulu dan Pelanggan PDAM Kota Bengkulu. Dari hasil pengukuran yang telah dilakukan diketahui bahwa penilaian kinerja PDAM Kota Bengkulu secara keseluruhan sudah cukup baik untuk perspektif pertumbuhan/pembelajaran, dan perspektif bisnis internal dan hasil untuk perspektif pelanggan sudah cukup puas untuk pelayanan yang diberikan PDAM Kota Bengkulu, hasil penilaian perspektif keuangan PDAM Kota Bengkulu secara umum masih berada dikategori rendah. Kesimpulan yang dapat diambil melalui analisis yang sudah dilakukan adalah bahwa Balanced Scorecard merupakan metode yang baik untuk melakukan pengukuran terhadap kinerja perusahaan, karena Balanced Scorecard mengangkat aspek-aspek penting yang diabaikan oleh pengukuran kinerja secara tradisional. Kata kunci: Balanced Scorecard, Perspektif Keuangan, Perspektif Pelanggan, Perspektif Pertumbuhan dan Pembelajaran, Perspektif Bisnis Internal

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Economy > Department of Accounting
Depositing User: 160 Daryono Daryono
Date Deposited: 01 Nov 2017 06:26
Last Modified: 01 Nov 2017 06:26
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/11858

Actions (login required)

View Item View Item