PERILAKU BERBAGI PENGETAHUAN AKUNTANSI PADA DOSEN AKUNTANSI KOTA BENGKULU: PENDEKATAN THEORY OF PLANNED BEHAVIOR (TPB)

Ramahdaniati, Resti and Hatta, Madani (2017) PERILAKU BERBAGI PENGETAHUAN AKUNTANSI PADA DOSEN AKUNTANSI KOTA BENGKULU: PENDEKATAN THEORY OF PLANNED BEHAVIOR (TPB). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI RESTI RAMAHDANIATI C1C013003.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only until 28 September 2017.
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku berbagi pengetahuan akuntansi pada dosen akuntansi kota Bengkulu, menggunakan model theory of planned behavior (TPB) yang dipengaruhi oleh tiga faktor sikap terhadap perilaku, norma subjektif, dan perceived behavior control. Sikap terhadap perilaku dipengaruhi oleh faktor self efficacy, jaringan sosial, dan extrinsic reward, sedangkan norma subjektif dipengaruhi oleh dukungan organisasi. Responden dalam penelitian ini adalah 43 dosen akuntansi kota Bengkulu, baik perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta. Teknik analisa menggunakan bantuan program smartPLS versi 3 2.3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sel efficacy, jaringan sosial, dan extrinsic reward berpengaruh positif terhadap attitude toward behavior. Dukungan organisasi berpengaruh positif terhadap norma subjektif, sedangkan attitude toward behavior, norma subjektif dan perceived behavior control berpengaruh positif terhadap perilaku berbagi pengetahuan akuntansi. Kata Kunci: Theory of Planned Behavior (TPB), Self Efficacy, Jaringan Sosial, Extrinsic Reward, Dukungan Organisasi, Attitude toward Behavior, Norma Subjektif, Perceived Behavior Control.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Economy > Department of Accounting
Depositing User: 160 Daryono Daryono
Date Deposited: 01 Nov 2017 07:39
Last Modified: 01 Nov 2017 07:39
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/11863

Actions (login required)

View Item View Item