“PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP RELEVANSI NILAI, DENGAN MANAJEMEN LABA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING” (Studi pada Perusahaan Non Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia yang Masuk dalam CGPI Periode 2011-2015)

Sari, Rima Mulya and Husaini, Husaini (2017) “PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP RELEVANSI NILAI, DENGAN MANAJEMEN LABA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING” (Studi pada Perusahaan Non Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia yang Masuk dalam CGPI Periode 2011-2015). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI RIMA MULYA SARI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only until 28 September 2017.
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh dari Corporate Governance Perception Index (CGPI) terhadap relevansi nilai dengan manajemen laba sebagai variabel intervening.Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori agensi dan teori sinyal. Penelitian ini menggunakan 21 sampel perusahaan non keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2015 yang termasuk dalam Corporate Governance Perception Index (CGPI). Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling. Pengujian hipotesis dilakukan dengan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Corporate Governance Perception Index berpengaruh secara langsung terhadap relevansi nilai. Hasil penelitian menunjukkan CGPI juga berpengaruh terhadap manajemen laba. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa manajemen laba bukan merupakan variabel intervening antara corporate governance dengan relevansi nilai. Implikasi dalam penelitian ini adalah bagi investor dapat membantu dalam pengambilan keputusan dan bagi akademisi dapat dijadikan tambahan refrensi. Keterbatasan dalam penelitian ini adalah penelitian hanya menggunakan sampel perusahaan CGPI periode 2011 sampai 2015. Saran dalam penelitian ini adalah menambah periode pengamatan guna memperluas sampel penelitian. Kata Kunci: Corporate Governance, Manajemen Laba, dan Relevansi nilai.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Economy > Department of Accounting
Depositing User: 160 Daryono Daryono
Date Deposited: 01 Nov 2017 06:31
Last Modified: 01 Nov 2017 06:31
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/11865

Actions (login required)

View Item View Item