PENGARUH KONSERVATISME AKUNTANSI TERHADAP REAKSI INVESTOR (Studi Empiris Pada Perusahaan Non Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

Amalia, Rizki Marfirani and Indriani, Rini (2017) PENGARUH KONSERVATISME AKUNTANSI TERHADAP REAKSI INVESTOR (Studi Empiris Pada Perusahaan Non Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI LENGKAP RIZKI MARFIRANI AMALIA1.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only until 28 September 2017.
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Pada dasarnya tujuan penelitian ini untuk menguji secara empiris mengenai pengaruh penerapan konservatisme akuntansi terhadap reaksi investor. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari pengolahan 1240 observasi yang terdiri dari 248 perusahaan non keuangan yang listed di Bursa Efek Indonsia dengan periode pengamatan 5 tahun serta analisis data menggunakan analisis linier berganda dengan menggunakan bantuan software SPSS 16 dan menggunakan metode stepwise, maka dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan konservatisme akuntansi dengan menggunakan proksi Q-Score terbukti berpengaruh negatif signifikan terhadap reaksi investor. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa semakin konservatif laporan keuangan maka respon invetor akan menurun. Sedangkan untuk model C-Score terbukti berpengaruh positif terhadap reaksi investor. Hasil ini sesuai dengan teori sinyal yang mengatakan bahwa sebuah informasi dikatakan relevan apabila bisa mempengaruhi keputusan pengguna informasi tersebut. Kata Kunci : Konservatisme Akuntansi, Reaksi Investor, Q-Score, C-Score

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Economy > Department of Accounting
Depositing User: 160 Daryono Daryono
Date Deposited: 01 Nov 2017 07:08
Last Modified: 01 Nov 2017 07:08
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/11866

Actions (login required)

View Item View Item