PENGARUH DIREKTUR INDEPENDEN, KARAKTERISTIK DEWAN DIREKSI, DAN KOMPENSASI TERHADAP AGRESIVITAS PAJAK (Studi Empiris Pada Perusahaan Real estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2015)

Yohana, Shanti and Suranta, Eddy (2017) PENGARUH DIREKTUR INDEPENDEN, KARAKTERISTIK DEWAN DIREKSI, DAN KOMPENSASI TERHADAP AGRESIVITAS PAJAK (Studi Empiris Pada Perusahaan Real estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2015). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI SHANTI YOHANA(C1C013067).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only until 29 September 2017.
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh direktur independen, karakteristik dewan direksi, dan kompensasi terhadap agresivitas pajak. Penelitian mengenai tindakan agresivitas pajak telah banyak dilakukan namun masih banyak hasil penelitian yang tidak konsisten. Sampel penelitian ini adalah perusahaan real estate yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2015. Penelitian ini menggunakan panel data dengan jumlah obsevasi sebanyak 65 sampel. Metode pengumpulan data menggunakan teknik purposive sampling. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan analisi regresi linier berganda dengan menggunakan program EViews 9.0. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa direktur independen tidak berpengaruh terhadap agresivitas pajak. Diversitas gender dewan direksi berpengaruh positif terhadap agresivitas pajak. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa pendidikan dewan direksi berpengaruh negatif terhadap agresivitas pajak dan kompensasi sebagai insentif non pajak berpengaruh negatif terhadap agresivitas pajak. Kata Kunci: Agresivitas pajak, perencanaan pajak, direktur independen, kompensasi, karakteristik dewan direksi.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Economy > Department of Accounting
Depositing User: 160 Daryono Daryono
Date Deposited: 01 Nov 2017 06:33
Last Modified: 01 Nov 2017 06:33
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/11875

Actions (login required)

View Item View Item