SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH (Studi Evaluatif Deskriftip di MAN 02 Kabupaten Kepahiang)

Adnan, Adnan and Rohiat, Rohiat and Somantri, Manap (2019) SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH (Studi Evaluatif Deskriftip di MAN 02 Kabupaten Kepahiang). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
THESIS FIX.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh Supervisi akademik adalah salah satu tugas utama yang harus dilaksanakan seorang kepala sekolah untuk membina guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan melaksanakan supervisi akademik secara terprogram dan berkesinambungan, akan tercapai layanan proses pembelajaran bermutu. Penelitian ini mencoba untuk mengetahui bagaimanakah supervisi akademik oleh kepala sekolah di MAN 02 Kepahiang. Supervisi yang akan diteliti terdiari dari perencanaan, pelaksanaan dan tindak lanjut supervisi akademik di MAN 02 Kepahiang. Pengumpulan data dalam penelitian menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi dengan jumlah sampel 3 orang yang terdiri dari 1 orang kepala sekolah dan 2 orang guru di MAN 02 Kepahiang. Sedangkan analisis data menggunakan analisis data kualitatif, yaitu melakukan analisis secara interaktif. Hasil penelitian menunjkkan bahwa supervisi akademik kepala sekolah pada proses perencanaan sudah dilaksanakan dengan baik dan maksimal. Pada tahap pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah juga sudah melaksanakannya dengan baik dan selalu mendapat dukungan dari semua pihak baik dari tenaga pengajar sebagai objek supervisi maupun dari tenaga manajemen sekolah lainnya walaupun masih ada kendala-kendala yang dihadapi tetapi tidak mengganggu proses pelaksanaan supervisi akademik. Tahap tindak lanjut supervisi akademik kepala sekolah dilaksanakan dengan menyelenggarakan pertemuan secara kolaboratif bersama guru untuk membahas perbaikan mutu pembelajaran, membahas metode, dan media pembelajaran inovatif atau menyelenggarakan pelatihan metodologi Action Research (PTK) dan sebagainya. Sehingga tindak lanjut yang dilaksanakan mendapatkan hasil perbaikan yang maksimal Kata Kunci : Perencanaan, Pelaksanaan, Tindak Lanjut, Supervisi Akademik

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Administrasi / Manajemen Pendidikan
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 12 Apr 2023 06:34
Last Modified: 12 Apr 2023 06:34
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/11881

Actions (login required)

View Item View Item