PENGARUH KUALITAS LABA TERHADAP REAKSI INVESTOR (Studi Empiris pada Perusahaan Non Keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

Yarni, Yarni and Indriani, Rini (2017) PENGARUH KUALITAS LABA TERHADAP REAKSI INVESTOR (Studi Empiris pada Perusahaan Non Keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI YARNI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only until 29 September 2017.
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas laba terhadap reaksi investor. Penelitian ini menggunakan 248 sampel perusahaan non-keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan purprosive sampling. Pengujian hipotesis dilakukan dengan regresi berganda dengan menggunakan bantuan Sofware Eviews 9.0. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas laba dengan menggunakan pengukuran Model Jones Modifikasi terbukti berpengaruh positif signifikan terhadap reaksi investor. Hasil penelitian ini membuktikan kualitas laba berpengaruh positif signifikan terhadap reaksi investor, yang berarti bahwa mayoritas investor di Indonesia memberikan reaksi atas laporan keuangan yang menunjukkan kualitas laba yang tinggi. Penelitian ini dapat membantu mengetahui informasi keuangan yang dilaporkan perusahaan apakah memiliki kualitas laba yang mencerminkan kinerja keuangan perusahaan, sehingga dapat menjadi bahan pertimbangan bagi investor dalam memberikan reaksi atas informasi yang disediakan oleh perusahaan. Hasil pengujian dalam penelitian ini terkena masalah normalitas data dan Nilai Adj R Square yang rendah, Sehingga sebaiknya penelitian selanjutnya mengembangkan penelitian ini dengan menambah kriteria penelitian, yaitu perusahaan yang memiliki kualitas laba yang tinggi dan menambah variabel independen yang dapat menjelaskan variabel dependennya. Kata Kunci: Kualitas Laba, Reaksi Investor, dan Model Jones Modifikasi

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Economy > Department of Accounting
Depositing User: 160 Daryono Daryono
Date Deposited: 01 Nov 2017 07:09
Last Modified: 01 Nov 2017 07:09
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/11882

Actions (login required)

View Item View Item