HUBUNGAN ANTARA STRUKTUR MODAL DAN SIKLUS HIDUP PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI)

Yuliyanti, Yuliyanti and Indriani, Rini (2017) HUBUNGAN ANTARA STRUKTUR MODAL DAN SIKLUS HIDUP PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI YULIYANTI C1C012121.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only until 29 September 2017.
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara struktur modal dan siklus hidup perusahaan (tahap bertumbuh, tahap dewasa dan tahap menurun). Dalam penelitian ini menggunakan pecking order theory. Teori ini didasari pada informasi asimetris antara investor dan manajer perusahaan. Berdasarkan pecking order theory, prioritas pertama untuk penggunaan laba ditahan, utang, dan terakhir ekuitas. Pengujian yang digunakan dalam penelitian ini dengan regresi sederhana. Sampel dalam penelitian terdiri dari 66 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesian dari tahun 2004-2014 dengan metode purposive sampling. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa defisit pendanaan terhadap utang pada tahap bertumbuh berpengaruh positif dan nilai koefisiennya lebih besar dari tahap dewasa dan menurun. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa defisit pendanaan terhadap ekuitas pada tahap bertumbuh berpengaruh negatif dan nilai koefisiennya lebih kecil dibandingkan pada tahap dewasa. Selanjutnya hasil penelitian yang terakhir menemukan bahwa defisit pendanaan terhadap laba ditahan pada tahap bertumbuh berpengaruh negatif dan nilai koefisiennya lebih besar dibandingkan pada tahap dewasa dan nilsi koefisiennya lebih kecil pada tahap menurun. Kata Kunci : Struktur modal, defisit pendanaan, utang, ekuitas, dan laba ditahan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Economy > Department of Accounting
Depositing User: 160 Daryono Daryono
Date Deposited: 01 Nov 2017 06:02
Last Modified: 01 Nov 2017 06:02
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/11886

Actions (login required)

View Item View Item