KAJIAN AGRIBISNIS USAHA GULA AREN DI KABUPATEN REJANG LEBONG

Budiman , Yulius and Ketut, Sukiyono and Bambang, Sumantri (2013) KAJIAN AGRIBISNIS USAHA GULA AREN DI KABUPATEN REJANG LEBONG. Masters thesis, Fakultas Pertanian UNIB.

[img] Text
I,II,III,II-13-yul.FP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (13MB)
[img] Text
IV,V,LAMP,II-13-yul.FP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU LGPL (Software).

Download (13MB)

Abstract

KAJIAN AGRIBISNIS USAHA GULA AREN DI KABUPATEN REJANG LEBONG (Yulius Budiman, dibawah bimbingan Dr. Ir. Ketut Sukiyono, M.Ec dan Ir. Bambang Sumantri, MS, 93 hal, 2013) Aren merupakan salah satu tumbuhan berbiji tertutup dimana biji buahnya terbungkus daging buah. Pohon aren sudah banyak dikenal masyarakat karena memiliki banyak kegunaan. Gula aren merupakan suatu produk yang terbuat dari nira aren yang banyak diolah para pengrajin. Untuk menampung gula aren yang dihasilkan, para pengrajin membutuhkan lembaga pemasaran. Disamping itu para pengrajin juga membutuhkan lembaga keuangan untuk mengatasi kekurangan modal. Berkaitan dengan hal terebut diatas maka layanan yang diberikan oleh kedua lembaga tersebut sangat menentukan kepuasan bagi para pengrajin gula aren. Penelitian bertujuan untuk 1) mengetahui pola pengadaan input pada usaha gula aren 2) mengetahui faktor-faktor yang memperngaruhi produksi gula aren.3) mengetahui item-item atribut layanan lembaga pemasaran dan lembaga pendukung (lembaga keuangan) yang dianggap penting dan yang perlu ditingkatkan pada usaha gula aren. 4) menganalisis tingkat kepuasan pengrajin gula aren terhadap pelayanan lembaga pemasaran dan lembaga pendukung (lembaga keuangan) berdasarkan atribut-atribut yang di teliti. Penentuan lokasi penelitian ditentukan dengan menggunakan Metode Two Stage Cluster Area Sampling yaitu memilih kecamatan Sindang Kelingi dan Kecamatan Selupu Rejang dengan dasar banyaknya pengrajin gula aren. Kemudian memilih satu desa dari masing-masing kecamatan yang terpilih yang paling banyak mengusahakan gula aren yaitu Desa Sindang Jati dan Desa Air Meles Atas. Metode penentuan responden dilakukan secara acak sederhana (Simple Random Sampling) yaitu sebanyak 86 pengrajin gula aren. Untuk menjawab tujuan penelitian digunakan analisis deskriptif kualitatif, fungsi Cobb-Douglas, metode Importance Performance Analysis (IPA) dan metode . Customer Satisfaction Index (CSI). Hasil penelitian menunjukkan bahwa input yang digunakan pengrajin gula aren diperoleh dengan cara membeli, milik sendiri, sewa, warisan dan bahkan membuat sendiri. Hasil pengujian secara parsial menunjukkan bahwa variasi variabel volume nira dan konstanta (pada α = 5% ) ber pengaruh n yata p ada pr oduksi gula aren, sedangkan volume kayu bakar, tenaga terja pria, dan tenaga kerja wanita tidak berpengaruh nyata terhadap peningkatan produksi gula aren.atribut lembaga pemasaran yang perlu diprioritaskan untuk ditingkatkan cara kinerjanya adalah pedagang melakukan diskriminasi harga terhadap kualitas gula aren (atribut 2), memberikan informasi harga dengan benar (atribut 7), kecepatan dalam memberikan informasi harga (atribut 8), dan kesediaan pedagang untuk menghargai dan melayani serta mengutamakan kebutuhan pengrajin gula aren (atribut 28). Sedangkan atribut lembaga keuangan yang perlu diprioritaskan untuk ditingkatkan cara kinerjanya adalah Ketepatan waktu melakukan pencairan uang (atribut 5), kemampuan dalam memberikan pelayanan kepada pengrajin gula aren (atribut 6), kemampuan dalam membantu proses peminjaman kepada pengrajin gula aren (atribut 8), kemampuan memberikan informasi kepada pengrajin gula aren dengan bahasa yang mudah di mengerti (atribut atribut 26), kejujuran dan kesabaran dalam memberikan pelayanan kepada pengrajin gula aren (atribut 28), dan ketersediaan waktu dalam melayani pengrajin gula aren (atribut 29). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil perhitungan CSI untuk atribut kualitas pelayanan lembaga pemasaran adalah 85,80%, Hal ini ber arti ti ngk at ke puasan tot al te rletak anta ra selan g 80% < C S I ≤ 1 00% yan g berarti pengrajin gula aren sangat puas terhadap kinerja atribut kualitas pelayanan yang diberikan oleh lembaga pemasaran. Sedangkan hasil perhitungan CSI untuk atribut kualitas pelayanan lembaga keuangan adalah 80,55% Hal ini berarti tingkat kepuasan tot al terletak a ntara selan g 80% < C S I ≤ 100% yan g bera rti pengr aji n gula aren sangat puas terhadap kinerja atribut kualitas pelayanan yang diberikan oleh lembaga keuangan. Kata Kunci : Gula Aren, Pola Pengadaan Input, Faktor Produksi, Atribut Penting dan Tingkat Kepuasan Pengrajin. (Program Studi Pascasarjana Magister Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Bengkulu)

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Pengelolaan Sumberdaya Alam & Lingkungan
Depositing User: 024 Agus Suyanto
Date Deposited: 31 Oct 2013 09:32
Last Modified: 31 Oct 2013 11:20
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/1189

Actions (login required)

View Item View Item