PELAKSANAAN PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN ATAS KETIDAKSESUAIAN KECEPATAN AKSES SPEEDY OLEH PT TELKOM BENGKULU

Syafutra, Wahyu Febrianda and Nur , Sulistyo B. Ambarini and Ganefi, Ganefi (2013) PELAKSANAAN PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN ATAS KETIDAKSESUAIAN KECEPATAN AKSES SPEEDY OLEH PT TELKOM BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Hukum UNIB.

[img] Text
IV,II-13-wah-FH.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)
[img] Text
I,II,III,II-13-wah-FH.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk (1) mengkaji dan menganalisis bagaimana perlindungan hukum terhadap konsumen atas ketidaksesuaian kecepatan akses speedy di Kota Bengkulu, dan (2) mengkaji dan menganalisis upaya apa yang di lakukan konsumen terhadap PT Telkom atas ketidaksesuaian kecepatan akses speedy. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian hukum empiris. Lokasi penelitian di Kota Bengkulu, tepatnya di kantor PT. Telkom Bengkulu bagian internet speedy dan beberapa pengguna speedy yang mengalami ketidaksesuaian kecepatan akses speedy di kota Bengkulu. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Data yang diperoleh baik primer maupun sekunder dikelompokkan dan diklasifikasikan menurut pokok bahasan, kemudian dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) bentuk perlindungan hukum terhadap konsumen atas ketidaksesuaian kecepatan akses speedy adalah dengan memberikan tanggung jawab terhadap konsumen oleh PT Telkom Bengkulu selaku pelaku usaha penyedia jasa layanan internet speedy. Tanggung jawab tersebut telah sesuai dengan ketentuan baku yang diberikan PT Telkom Indonesia, Tbk. PT Telkom memberikan ganti kerugian terhadap konsumen yang mengalami ketidaksesuaian kecepatan akses speedy dengan cara memberikan kecepatan satu tingkat di atas kecepatan yang diperjanjikan selama satu minggu. PT Telkom juga memperbaiki jaringan dilayanan internet speedy yang bermasalah guna menstabilkan layanan akses speedy sesuai dengan kecepatan yang diperjanjikan antara PT Telkom dengan konsumen. (2) Dalam hal upaya yang dilakukan konsumen atas ketidaksesuian kecepatan akses speedy, konsumen dapat melakukan musyawarah kepada PT Telkom. Apabila musyawarah ini tidak menghasilkan titik temu, maka kedua belah pihak sepakat menyerahkan permasalahan ini kepada Badan Arbritase Nasional Indonesia (BANI).

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: 001 Bambang Gonggo Murcitro
Date Deposited: 30 Oct 2013 09:51
Last Modified: 30 Oct 2013 09:51
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/1192

Actions (login required)

View Item View Item