ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN SEKOLAH MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS VI SDN KOTA BENGKULU TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Yusnia, Yusnia and Badeni, Badeni and Puspa, Djuwita (2020) ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN SEKOLAH MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS VI SDN KOTA BENGKULU TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
TESIS YUSNIA (A2G018033).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proporsi jenjang kognitif, jenjang afektif, kualitas butir soal secara logis dan empiris soal Ujian Sekolah mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas VI SDN Kota Bengkulu tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN 53, SDN 18, dan SDN 29 Kota Bengkulu. Obyek dalam penelitian ini adalah kesesuaian kompetensi dasar kelas IV, V, dan VI, soal dan kunci jawaban, respon jawaban Ujian Sekolah siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas VI SDN Kota Bengkulu Tahun Pelajaran 2019/2020. Instrumen penelitian digunakan dalam bentuk dokumen berupa kesesuaian kompetensi dasar kelas IV, V, dan VI, lembar analisis proporsi jenjang kognitif, dan lembar analisis proporsi jenjang afektif, soal dan kunci jawaban, respon jawaban Ujian Sekolah. Data penelitian dianalisis menggunakan proporsi jenjang kognitif jenjang afektif pada butir soal dianalisis kemudian dihitung persentasenya, serta analisis deskriptif aspek materi, konstruksi, dan bahasa dengan meminta validasi kepada ahli/pakar dianalisis menggunakan rumus Aiken. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Proporsi jenjang kognitif, meliputi jenjang memahami (C2) sebanyak 14 butir (35%), jenjang menerapkan (C3) sebanyak 9 butir soal (22,50%), jenjang menganalisis (C4) sebanyak 15 butir soal (37,50%), dan jenjang mengevaluasi (C5) sebanyak 2 butir soal (5%); 2) Proporsi jenjang afektif, meliputi jenjang merespon (A2) sebanyak 1 butir soal (2,5%), jenjang menghargai (A3) sebanyak 3 butir soal (7,5%) dan jenjang mengorganisasikan (A4) sebanyak 3 butir soal (7,5%); 3) kualitas butir soal secara logis berdasarkan hasil validasi aspek materi, konstruksi, dan bahasa 40 butir soal ujian berbentuk pilihan ganda menunjukkan koefisien korelasi Aiken berada pada rentang > 0,8 dengan kategori “sangat valid” sesuai dengan prinsip penilaian, yaitu adil, terbuka, menyeluruh dan berkesinambungan, sistematis, beracuan kriteria, dan akuntabel; dan 4) Kualitas butir soal secara empiris, hasil validitas menunjukkan bahwa 39 butir soal valid dan 1 butir soal yang tidak valid, hasil uji reliabilitas sebesar 0,735 sehingga dapat diartikan bahwa soal tersebut memiliki tingkat reliabilitas yang tinggi, hasil uji taraf kesukaran menunjukkan bahwa 15 butir soal kategori sedang sebesar 37,5% dan 24 butis soal kategori mudah sebesar 60%, hasil uji daya pembeda menunjukkan bahwa 5 butir soal kategori baik sebesar 12,5%, 34 butir soal kategori cukup sebesar 85,00% sesuai dengan prinsip penilaian, yaitu sahih, obyektif, terbuka, sistematis, dan beracuan kriteria. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kualitas butir soal Ujian Sekolah mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas VI SDN Kota Bengkulu tahun ajaran 2019/2020 baik ditinjau dari kesesuaian dengan kompetensi dasar, proporsi jenjang kognitif, jenjang afektif, kualitas berdasarkan uji secara logis dan empiris. Kata kunci: analisis butir soal, jenjang kognitif, jenjang afektif, validitas logis, dan validitas empiris

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 03 May 2023 03:23
Last Modified: 03 May 2023 03:23
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/11923

Actions (login required)

View Item View Item