ANALISIS LITERASI SAINS BUKU TEKS TEMATIK KURIKULUM 2013 KEMENDIKBUD TAHUN 2018 MUATAN PELAJARAN IPA SD

Apriani, Yunita and Endang, Widi Winarni and Irwan, Koto (2020) ANALISIS LITERASI SAINS BUKU TEKS TEMATIK KURIKULUM 2013 KEMENDIKBUD TAHUN 2018 MUATAN PELAJARAN IPA SD. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
TESIS YUNITA APRIANI (A2G018032).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan literasi sains aspek; 1) Sains sebagai batang tubuh ilmu pengetahuan pada buku teks IPA siswa kelas IV, V, dan VI; 2) Sains sebagai jalan penyelidikan pada buku teks IPA siswa kelas IV, V, dan VI; 3) Sains sebagai cara berpikir pada buku teks IPA siswa kelas IV, V, dan VI; 4) Interaksi sains, teknologi, masyarakat, dan lingkungan pada buku teks IPA siswa kelas IV, V, dan VI. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas tinggi. Obyek dalam penelitian ini adalah buku teks siswa kelas IV, V, dan VI Sekolah Dasar (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013) kelas IV tema 8 “Daerah Tempat Tinggalku”, kelas V tema 8 “Lingkungan Sahabat Kita”, dan kelas VI tema 1 “Selamatkan Makhluk Hidup. Instrumen penelitian digunakan dalam bentuk lembar pedoman analisis aspek literasi sains. Data penelitian dihitung rata-rata nilai dari masing-masing ahli kemudian dihitung persentasenya kesesuaiannya pada setiap aspek literasi sains yang dianalisis. Hasil penelitian menunjukkan Aspek sains sebagai batang tubuh menunjukkan jumlah kemunculan terbesar dibandingkan dengan buku kelas IV dan V. Indikator menyajikan konsep-konsep jumlah kemunculan 6 dengan persentase sebesar 100% dan indikator terkecil yaitu menyajikan teori-teori tidak ada kemunculan. Aspek sains sebagai jalan penyelidikan menunjukkan jumlah kemunculan terbesar dibandingkan dengan buku kelas IV dan VI. Indikator Membelajarkan siswa melalui penggunaan bahan materi sebanyak 6 kemunculan indikator dengan persentase sebesar 100%.Aspek sains sebagai cara berpikir menunjukkan jumlah kemunculan terbesar dibandingkan dengan buku kelas V dan VI. Indikator Menunjukkan secara historis bagaimana membangun ide, ilmu sains mengikuti pertimbangan deduktif dan induktif, sikap skeptik dan kritis, dan berbagai jalan memahami dunia alam. Aspek interaksi sains, teknologi, masyarakat, dan lingkungan menunjukkan jumlah kemunculan terbesar dibandingkan dengan buku kelas IV dan V. Indikator Menggambarkan kegunaan ilmu sains dan teknologi bagi masyarakat. Kata kunci: buku teks, literasi sains.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 03 May 2023 03:41
Last Modified: 03 May 2023 03:41
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/11926

Actions (login required)

View Item View Item