PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA PEMBELAJARAN KIMIA ANALITIK BERDASARKAN IDENTIFIKASI CAMPURAN KOPI DAN PENGOTOR MINYAK GORENG SAWIT

Kartika, Yuni and M.Lutfi, Firdaus and Eko, Swistoro (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA PEMBELAJARAN KIMIA ANALITIK BERDASARKAN IDENTIFIKASI CAMPURAN KOPI DAN PENGOTOR MINYAK GORENG SAWIT. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
TESIS BENAR 1 FILE PDF.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui perbedaan hasil belajar yang signifikan antara mahasiswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan mahasiswa yang belajar secara konvensional pada pembelajaran kimia analitik dari hasil analisis dalam menentukan campuran kopi dan pengotor minyak goreng sawit dengan alat spektrofotometri UV-VIS. Penelitian ini adalah penelitian jenis quasi eksperimen dengan desain pretest postest control group desain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Terdapat perbedaan secara signifikan antara kemampuan hasil belajar mahasiswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan pembelajaran konvensional pada materi spektrofotometri UV-VIS. Nilai rata-rata kemampuan akhir hasil belajar mahasiswa kelas eksperimen menunjukkan nilai sebesar 70,54 ( kategori kritis) dan kelas kontrol sebesar 60 (kategori cukup) dengan nilai sig.(2-tailed) = 0,000 < sig.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 03 May 2023 04:06
Last Modified: 03 May 2023 04:06
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/11929

Actions (login required)

View Item View Item