PENGARUH PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN LKS TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS V MIN 2 KOTA BENGKULU

Artina, Yuni and Irwan, Koto and Agus, Susanta (2020) PENGARUH PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN LKS TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS V MIN 2 KOTA BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
TESIS LENGKAP YUNI ARTINA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan LKS terhadap keterampilan proses sains dan pemahaman konsep perpindahan kalor siswa kelas V MIN 2 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan ialah quasy experiment. Desain pada penelitian ini yaitu The Matching Only Pretest-Posttest Control Group Design, yang dilaksanakan di kelas V MIN 2 Kota Bengkulu. Sampel yang terpilih secara random adalah siswa kelas VA berjumlah 35 orang sebagai kelas eksperimen, dan siswa kelas VB berjumlah 35 orang sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes pretest dan posttest. Instrumen yang diberikan terdiri atas dimensi keterampilan proses sains berjumlah 8 soal dan dimensi pemahaman konsep berjumlah 17 soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan keterampilan proses sains antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yakni sebesar 8,05% dan pemahaman konsep perpindahan kalor sebesar 11,96%. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan secara statistik penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan LKS terhadap keterampilan proses sains dan pemahaman konsep perpindahan kalor siswa kelas V MIN 2 Kota Bengkulu. Kata Kunci : Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, LKS, Keterampilan Proses Sains, Pemahaman Konsep IPA

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 03 May 2023 04:07
Last Modified: 03 May 2023 04:07
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/11930

Actions (login required)

View Item View Item