PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL CYCLE LEARNING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DI KELAS IV SEKOLAH DASAR KOTA BENGKULU

Ulandari, Yulianti Intan and Sri, Dadi and Herman, Lusa (2020) PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL CYCLE LEARNING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DI KELAS IV SEKOLAH DASAR KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Fix SKRIPSI YULIANTI INTAN ULANDARI A1G016030.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan RPP pembelajaran tematik terpadu di kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan memodifikasi model 4D. Penelitian ini dilakukan dengan tiga tahap, yaitu tahap pendefinisian (define), perancangan (design) dan pengembangan (develop), Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar validasi RPP. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan statistik deskriptif terhadap penilaian validasi ahli dan tanggapan guru. Penelitian ini menghasilkan pengembangan RPP tematik terpadu menggunakan model Cycle Learning dengan penilaian dari ahli RPP pada tahap I sebesar 88,34 dengan katagori baik dan pada tahap II dipeoleh penilain sebesar 92,09 dengan katagori sangat baik, dan tanggapan guru dengan nilai terendah sebesar 78,75 dengan katagori baik sedangkan nilai tertinggi sebesar 91,25 dengan katagori sangat baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah menghasilkan produk pengembangan RPP tematik terpadu dengan menggunakan model Cycle Learning di kelas IV Sekolah Dasar. Kata Kunci: RPP, Pengembangan, Cycle Learning, Tematik Terpadu

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 03 May 2023 04:35
Last Modified: 03 May 2023 04:35
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/11933

Actions (login required)

View Item View Item