PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN GAYA KOGNITIF TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PUISI (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Lahat)

Nova, Yulia and Johanes, Sapri and Turdjai, Turdjai (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN GAYA KOGNITIF TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PUISI (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Lahat). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
TESIS YULIA NOVA A2M018027.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan kemampuan menulis teks puisi antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran inkuiri bebas dengan inkuiri terbimbing, antara siswa yang memiliki gaya kognitif field independent dengan field dependent, mendeskripsikan pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan gaya kognitif terhadap kemampuan menulis teks puisi, perbedaan kemampuan menulis teks puisi antara siswa yang memiliki gaya kognitif field independent yang belajar dengan model inkuiri bebas dengan inkuiri terbimbing, dan begitu pula dengan siswa yang memiliki gaya kognitif field dependent. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen desain faktorial 2 x 2. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMA Negeri 2 Lahat. Sampel eksperimen terdiri dari dua kelas yaitu kelas X MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 1 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 36 siswa. Instrumen pengumpulan data adalah tes unjuk kerja dan tes GEFT. Pengujian hipotesis menggunakan analisis varian (Anava) dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kemampuan menulis teks puisi siswa dengan model pembelajaran inkuiri bebas tidak berbeda dari inkuiri terbimbing. (2) Kemampuan menulis teks puisi siswa bergaya kognitif field independent lebih tinggi dari field dependent. (3) Ada pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan gaya kognitif terhadap kemampuan menulis teks puisi. (4) Kemampuan menulis teks puisi siswa bergaya kognitif field independent dan diberi model inkuiri bebas lebih tinggi daripada inkuiri terbimbing. (5) Sedangkan, kemampuan menulis teks puisi untuk siswa yang bergaya kognitif field dependent tidak berbeda. Kata kunci: kemampuan menulis teks puisi, model pembelajaran, gaya kognitif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 05 May 2023 02:21
Last Modified: 05 May 2023 02:21
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/11935

Actions (login required)

View Item View Item