PENGEMBANGAN BAHAN AJAR CERITA RAKYAT BERBASIS KOMIK UNTUK PENANAMAN KEMAMPUAN LITERASI SISWA SEKOLAH DASAR KABUPATEN REJANG LEBONG

Anggara, A. Yudha and Abdul, Muktadir and Endang, Widi Winarni (2020) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR CERITA RAKYAT BERBASIS KOMIK UNTUK PENANAMAN KEMAMPUAN LITERASI SISWA SEKOLAH DASAR KABUPATEN REJANG LEBONG. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Tesis - A. Yudha Anggara (A2G016001).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar cerita rakyat berbasis komik dan efektivitasnya dalam penanaman kemampuan literasi siswa sekolah dasar Rejang Lebong. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau research and development (R&D). Subyek penelitian siswa kelas V SDN 85 Rejang Lebong sebagai kelas kontrol, siswa kelas V Al-Latif SD Unggulan Aisyiyah Rejang Lebong sebagai kelas eksperimen I dan kelas V SDN 10 Curup sebagai kelas eksperimen II. Berdasarkan uraian hasil penelitian dan pembahasannya, dapat disimpulkan bahwa (1) Pengembangan bahan ajar diawali dengan melakukan studi pendahuluan melalui wawancara guru dan siswa. Kemudian hasil wawancara tersebut disesuaikan dengan teori dan observasi untuk menjadi suatu draft model yang akan divalidasi oleh ahli. Draft model yang telah direvisi kemudian diujicobakan secara skala kecil dan skala besar. Setelah itu dilakukan pengujian produk final dengan teknik tes (pretest-postest) dan dianalisis gain scorenya. (2) Bahan ajar cerita anak berbasis komik efektif untuk penanaman kemampuan literasi siswa. Skor gain pada kelas eksperimen yaitu 0.63 untuk aspek pengetahuan dan 0.57 untuk aspek keterampilan, sedangkan pada kelas kontrol skor gainnya yaitu 0.16 untuk aspek pengetahuan dan 0.16 untuk aspek keterampilan. Kata Kunci : Bahan Ajar Cerita Rakyat, Bahan Ajar Cerita Anak berbasis Komik, Kemampuan Literasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 17 May 2023 03:00
Last Modified: 17 May 2023 03:00
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/11963

Actions (login required)

View Item View Item