A CONTENT ANALYSIS OF CULTURAL REPRESENTATION WITHIN READING TEXT IN INDONESIAN ENGLISH TEXTBOOKS FOR SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS

Sisca, Zella Fran and Alamasyah, Harahap and Dedi, Sofyan (2020) A CONTENT ANALYSIS OF CULTURAL REPRESENTATION WITHIN READING TEXT IN INDONESIAN ENGLISH TEXTBOOKS FOR SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
A2B018038 - ZELLA FRAN SISCA - THESIS 2020.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Fransisca, Zella. (2020). Analisis Representasi Budaya dalam Teks Bacaan Pada Buku Teks Bahasa Inggris untuk Siswa Menengah Atas. Bengkulu: Universitas Bengkulu. Dosen Pembimbing I: Dr. Alamsyah Harahap, M.Lib. Dosen Pembimbing II: Dr. Dedy Sofyan, M.Hum. Itu adalah hal umum yang mana sebagian besar buku teks bahasa Inggris berisi banyak budaya internasional pada bahan-bahannya, tetapi beberapa studi terbaru menggambarkan bahwa buku teks bahasa Inggris didominasi oleh budaya sumber di mana buku teks diterbitkan dan digunakan. Tujuan utama dari penelitian ini adalah (1) untuk mengungkap kategori budaya dalam membaca teks; (2) untuk menemukan tema budaya dalam teks bacaan; dan (3) untuk mengungkapkan perbandingan konten budaya dalam buku teks. Penelitian ini berfokus pada teks bacaan dari 3 buku teks Bahasa Inggris (Bahasa Inggris Kelas X, Bahasa Inggris Kelas XI, dan Bahasa Inggris Kelas XII) untuk sekolah menengah atas yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia berdasarkan Kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif sebagai desain penelitian. Temuan pertama menunjukkan bahwa budaya sumber, budaya target, dan budaya internasional muncul dalam buku teks. Hasil kedua menunjukkan bahwa delapan tema budaya muncul dalam buku teks, yaitu Interaksi Sosial, Warisan Budaya Nasional, Lembaga Sosial-Politik, Geografi Nasional, Identitas Sosial & Kelompok Sosial, Kepercayaan & Perilaku, Sosialisasi & Siklus Hidup, dan Sejarah Nasional. Interaksi Sosial dan Warisan Budaya Nasional adalah kejadian tertinggi dari tema budaya dalam teks bacaan. Selanjutnya, temuan terakhir dari perbandingan konten budaya menunjukkan bahwa seluruh buku teks memiliki budaya sumber sebagai kategori budaya dominan, sedangkan tiga buku teks memiliki tema budaya dominan yang berbeda. Bahasa Inggris Kelas X memiliki Warisan Budaya Nasional sebagai tema budaya yang dominan, Bahasa Inggris Kelas XI memiliki Kepercayaan Dan Perilaku dan Bahasa Inggris Kelas XII memiliki Lembaga Sosial-Politik sebagai tema budaya berdaulat. Dengan demikian, buku teks Bahasa Indonesia Bahasa Inggris harus lebih memperhatikan keberadaan kategori budaya dan tema budaya di setiap tingkat buku teks untuk memastikan bahwa konten budaya disusun dengan tepat dan akurat. Kata kunci: Analisis Konten, Perwujudan Budaya, Teks Bacaan, Buku Teks Bahasa Inggris

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 17 May 2023 03:25
Last Modified: 17 May 2023 03:25
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/11964

Actions (login required)

View Item View Item