PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KEMAHIRAN BERBAHASA INDONESIA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR (Eksperimen pada Siswa Kelas XI SMK Negeri Seluma)

Joyo, Aceng and Didi, Yulistio and Susetyo, Susetyo (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KEMAHIRAN BERBAHASA INDONESIA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR (Eksperimen pada Siswa Kelas XI SMK Negeri Seluma). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (PROGRAM STUDI DOKTOR (S3))
ACENG-DISERTASI TERSUSUN-dikonversi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran dan kemahiran berbahasa Indonesia terhadap kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan di Kabupaten Seluma.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen.Metode eksperimen ini digunakan selain untuk mengukur pengaruh faktor utama dari setiap variabel bebas terhadap variabel terikat, juga mengukur interaksiantarvariabel–variabel bebas atau untuk melihat terdapat tidaknya hubungan sebab akibat dengan cara memberikan perlakuan kepada kelompok eksperimen yang hasilnya dibedakan dengan hasil dari kelompok kontrol. Perlakuan diberikan kepada dua kelas sebagai sampel penelitian, yakni kelas kelompok eksperimen yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif CIRC dan kelas kelompok kontrol dengan model pembelajaran STAD.Data penelitian ini dikumpulkan dengan teknik tes, yaitu tes kemahiran berbahasa Indonesia dan tes kemampuan menulis teks prosedur.Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: (1)Berdasarkan uji tabel menunjukkan F hitung70.749 dg besar pengaruhnyaadalah 68,5%.; (2) Berdasarkan uji tablemenunjukkan F hitung 169.018 dg besar pengaruhnya adalah 83,9%.; (3) Berdasarkan ujiF hitung 574.220 dg besar pengaruhnya adalah 94,6%.; (4) Berdasarkan uji t tabel menunjukkan t hitung = 6,002 dan p-value = 0,000 < 0,05, hal ini berarti Ho ditolak.; (5) Berdasarkan uji Nilai F Hitung 143,660 dg besar pengaruhnya adalah 68,5%.; (6) Berdasarkan uji Nilai F Hitung 0,092 dg besar pengaruhnya adalah 0,1%.;(7)BerdasarkanujiNilaiFHitung410.345 dg besar pengaruhnya adalah 94,9%. Kata kunci: model pembelajaran, kemahiran berbahasa, menulis teks prosedur

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 17 May 2023 03:27
Last Modified: 17 May 2023 03:27
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/11966

Actions (login required)

View Item View Item