KARAKTERISTIK PENGUNJUNG DI OBJEK WISATA SEJARAH (BENTENG FORT MARLBOROUGH, KEDIAMAN BUNG KARNO, MUSEUM NEGERI) DI KOTA BENGKULU

Kurniawan, Anggi and Eva Febriani, Ratu (2017) KARAKTERISTIK PENGUNJUNG DI OBJEK WISATA SEJARAH (BENTENG FORT MARLBOROUGH, KEDIAMAN BUNG KARNO, MUSEUM NEGERI) DI KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (thesis)
Skripsi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only until 2 October 2017.
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Dari 32 objek wisata yang ada di Propinsi Bengkulu, 11 diantaranya berada di kota Bengkulu yaitu Pantai Panjang, Kediaman Bung Karno, Benteng Fort Marlborough, Pantai Tapak Paderi, Danau Dendam Tak Sudah, Museum Negeri Bengkulu, Pantai Teluk Sepang, Pantai Jakat, Tugu Thomas Parr, Kampung Tua Cina, dan Makam Inggris. Dapat dilihat dari Kabupaten dan Kota yang ada di Provinsi Bengkulu, hanya Kota Bengkulu yang memiliki objek wisata sejarah, dengan adanya objek wisata sejarah ini Kota Bengkulu dapat menarik perhatian wisatawan sehingga ingin mengujungi objek wisata sejarah ini. Sehingga untuk mengoptimalkan objek wisata sejarah ini dalam tujuan wisata bagi para wisatawan, maka dibutuhkan hal-hal yang berupa karakteristik para pengunjung yang mengunjungi objek wisata sejarah tersebut. Masalah yang dikemukakan adalah bagaimana karakteristik pengunjung di objek wisata sejarah (Benteng Fort Marlborough, Kediaman Bung Karno dan Museum Negeri) di Kota Bengkulu. Dengan tujuan untuk mengetahui karakteristik pengunjung di objek wisata sejarah (Benteng Fort Marlborough, Kediaman Bung Karno dan Museum Negeri) di Kota Bengkulu Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif dalam menyelesaikan permasalahan. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dari 3 variabel yang digunakan yaitu karakteristik berdasarkan perjalanannya, karakteristik berdasarkan kondisi demografi, karakteristik berdasarkan sosial ekonomi. Untuk karakteristik berdasarkan perjalanannya hanya lama waktu tempuh, asal responden, tujuan responden, kebutuhan persinggahan, alat transportasi, dan pengorganisasian perjalanan yang sama memiliki persentase terbesar di ketiga objek wisata sejarah. Untuk karakteristik berdasarkan kondisi demografi hanya jumlah tanggungan keluarga dan status perkawinan yang memiliki persentase terbesar di ketiga objek wisata sejarah. Untuk karakteristik sosial ekonomi hanya tingkat pendapatan yang sama memiliki persentase terbesar di ketiga objek wisata sejarah.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Development Economics
Depositing User: 160 Daryono Daryono
Date Deposited: 01 Nov 2017 06:22
Last Modified: 01 Nov 2017 06:22
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/11969

Actions (login required)

View Item View Item