PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS II SDN GUGUS IX KOTA BENGKULU

Wahyu, Agung and Abdul, Muktadir and Resnani, Resnani (2020) PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS II SDN GUGUS IX KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
skripsi agung wahyu NPM A1G016002.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)
[img] Text
skripsi agung wahyu NPM A1G016002.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas II SDN gugus IX Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah quasy experiment dengan desain penelitian the matching only pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas II Sekolah Dasar Gugus IX Kota Bengkulu yang sudah menggunakan kurikulum 2013 dan berakreditasi A. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas II A Sekolah Dasar Negeri 82 sebanyak 28 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas II B Sekolah Dasar Negeri 61 sebanyak 24 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu berupa tes hasil belajar untuk aspek pengetahuan berbentuk soal pilihan ganda, yang diberiakan melalui pretest dan posttest. Untuk hasil belajar aspek sikap dan keterampilan instrument yang digunakan adalah lembar observasi. Teknik analisis data dalalm penelitian ini adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan jenis stastistik deskriptif dan statistik inferensial. Dari hasil penelitian diketahui hasil uji-t mata pelajaran Bahasa Indonesia t-hitung sebesar 2,05 dan SBdP t-hitung sebesar 3,01 dengan t-tabel pada taraf signifikan 5% sebesar 1,68 jadi, t-hitung lebih besar dari t-tabel. Untuk hasil belajar aspek sikap presentase keseluruhan yaitu kelas eksperimen 72,23% sedangkan presentase untuk kelas kontrol 63,88%. Untuk hasil belajar aspek keterampilan 67,85%. Sedangkan presentase untuk kelas kontrol 46,87%. Dengan demikian dapat disimpullkan bahwa terdapat pengaruh model kooperatif tipe Think Pair Share terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas II SDN Gugus IX Kota Bengkulu. Kata kunci : Pembelajaran Tematik, Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS), Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 17 May 2023 07:49
Last Modified: 17 May 2023 07:50
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/11974

Actions (login required)

View Item View Item