Berindo, Berindo and Wahyu, Widada and Dewi, Herawaty (2020) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN ETNOMATEMATIKA BERBASIS YOUTUBE TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
|
Text
Tesis Berindo-1.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran matematika merupakan salah satu pilar utama dalam Pendidikan manusia yang akan dibutuhkan sampai akhir hayatnya karena pendidikan matematika membuat manusia berusaha mengembangkan dirinya melalui literasi numerasi sehingga mampu menghadapi setiap perubahan dan permasalahan matematika yang terjadi di kehidupan nyata. Etnomatematika didefiniskan sebagai cara-cara khusus yang dipakai oleh suatu kelompok budaya atau masyarakat tertentu dalam aktivitas matematika. Media pembelajaran berbasis youtube adalah media pembelajaran yang diterapkan secara langsung yang melibatkan youtube sebagai wahana untuk mempublikasikan bahan ajar dalam suatu model pembelajaran yang interaktif untuk memberikan dan mengendalikan lingkungan belajar siswa secara individual. Penelitian ini adalah Penelitian Quasi Eksperimen (Eksperimen Semu). Penelitian Ini dilaksanakan di SMP N 11 Kota Bengkulu pada tanggal 24 April sampai dengan 11 Juni 2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 11 Kota Bengkulu semester genap T.A 2019/2020 berjumlah 240 siswa dan 120 Siswa sebagai sampel dengan teknik Random Sampling. Berdasarkan hasil penelitian Kemampuan Pemahaman Matematika siswa yang diajar dengan media pembelajaran etnomatematika berbasis youtube lebih tinggi dari siswa yang diajar dengan Non-Youtube untuk siswa yang diajar dengan model pembelajaran Konvensional setelah dikontrol dengan kemampuan awal siswa. Maka disarankan agar media pembelajaran etnomatematika berbasis youtube dapat menggantikan model pembelajaran konvensional untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematika. Kata Kunci : Etnomatematika, Media Youtube, dan kemampuan pemahaman matematika
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 25 May 2023 02:48 |
Last Modified: | 25 May 2023 02:48 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/11981 |
Actions (login required)
View Item |