ANALISIS PENGARUH PERTUMBUHAN EKONOMI, PERSENTASE PENDUDUK MISKIN, DAN ANGGARAN PENGELUARAN PEMERINTAH TERHADAP IPM DI INDONESIA

Nasparera, Julhendri and Yusnida, Yusnida (2017) ANALISIS PENGARUH PERTUMBUHAN EKONOMI, PERSENTASE PENDUDUK MISKIN, DAN ANGGARAN PENGELUARAN PEMERINTAH TERHADAP IPM DI INDONESIA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (thesis)
Skripsi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only until 3 October 2017.
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (867kB)

Abstract

Pencapaian pembangunan ekonomi suatu wilayah dipengaruhi oleh proses pembangunan manusia. Pencapaian tersebut tidak terlepas dari seberapa besar kualitas manusia di suatu wilayah. Indikator yang bisa mengukur kualitas manusia disuatu daerah yaitu dengan cara Indeks Pembangunan Manusia (IPM). IPM merupakanindikator yang di gunakan untuk mengukur salah satu aspek penting yang berkaitan dengan kualitas dari hasil pembangunan ekonomi, yakni derajat perkembangan manusia. IPM mempunyai tiga unsur yaitu kesehatan, pendidikan yang dicapai, dan standar kehidupan atau sering disebut ekonomi. Jadi ketiga unsur ini sangat penting dalam menentukan tingkat kemampuan suatu provinsi untuk meningkatkan IPMnya. Ketiga unsur tersebut tidak berdiri sendiri, melainkan saling mempengaruhi satu sama yang lainnya. Jadi IPM di suatu daerah akan meningkat apabila ketiga unsur tersebut dapat ditingkatkan, nilai IPM yang tinggi menandakan keberhasilan pembangunan ekonomi di daerah tersebut. Berdasarkan fenomena tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pertumbuhan ekonomi, persentase penduduk miskin, anggaran pengeluaran pemerintah bidang pendidikan, dan anggaran pengeluaran pemerintah bidang kesehatan terhadap IPM di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi data panel 33 provinsi di Indonesia selama periode 2011-2013. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertumbuhan ekonomi dan anggaran pengeluaran pemerintah sektor pendidikan dan kesehatan signifikan dan berpengaruh positif terhadap IPM sedangkan persentase penduduk miskin signifikan dan berpengaruh negatif terhadap IPM. Kata kunci: Indeks Pembangunan Manusia, PDRB, Persentase Penduduk Miskin, Anggaran Pengeluaran Pemerintah .

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Development Economics
Depositing User: 160 Daryono Daryono
Date Deposited: 01 Nov 2017 05:35
Last Modified: 01 Nov 2017 05:35
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12000

Actions (login required)

View Item View Item