PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MELALUI LESSON STUDY PADA MATA PELAJARAN KIMIA SISWA KELAS X SMAN 2 KOTA BENGKULU

Handayani, Dewi and Nadia, Amida and Arpinaini, Arpinaini (2019) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MELALUI LESSON STUDY PADA MATA PELAJARAN KIMIA SISWA KELAS X SMAN 2 KOTA BENGKULU. In: Seminar Nasional Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (SNP-MIPA), Sabtu, 5 Oktober 2019, Aula Dekanat Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Text (Seminar Nasional Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (SNP-MIPA))
3. Seminar Nasional Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (719kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan dalam rangka upaya pembinaan sekolah dengan cara penerapan lesson study dalam proses pembelajaran. Implementasi pembelajaran di kelas dengan menerapkan Model Problem Based Learning (PBL) yaitu: (Fase 1) Mengorientasikan peserta didik pada masalah aktual dan autentik; (Fase 2) Mengorganisasi peserta didik untuk belajar ; (Fase 3) Membimbing individual dan kelompok dalam penyelidikan; (Fase 4) Membantu peserta didik dalam mengembangkan dan menyajikan hasil pemecahan masalah/hasil karya; (Fase 5) Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Hasil belajar siswa setiap siklusnya mengalami peningkatan. Rata-rata hasil belajar siklus 1 sebesar 69,09, siklus 2 sebesar 73,33, dan siklus 3 sebesar 83,21. Sedangkan ketuntasan belajar pada siklus 1 sebesar 57,57% (belum tuntas), siklus 2 sebesar 78,78% (belum tuntas) dan siklus 3 sebesar 100 % (tuntas). Respon siswa dalam proses pembelajaran dengan menerapkan model PBL melalui lesson study ini sangat baik. Dengan penerapan model PBL melalui lesson study ini pembelajaran menjadi lebih bermakna, terjadi sharing antara guru-guru, guru dan dosen, dosen-dosen dan pihak pengambil keputusan tentang informasi terbaru terkait teori, model, media, pendekatan dan lain lain.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Journal
Depositing User: UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu
Date Deposited: 26 May 2023 02:11
Last Modified: 26 May 2023 02:11
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12011

Actions (login required)

View Item View Item