PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP SIKAP PEDULI LINGKUNGAN PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS V SD NEGERI KOTA BENGKULU

Dehvisi, Cindy and Dalifa, Dalifa and Pebrian, Tarmizi (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP SIKAP PEDULI LINGKUNGAN PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS V SD NEGERI KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI CINDY DEHVISI (A1G016040_PGSD_FKIP_UNIB_2020).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap sikap peduli lingkungan pada pembelajaran tematik siswa Kelas V SD Negeri Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasy eksperimental (eksperimen semu). Desain dalam penelitian ini adalah The Matching Only Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah SDN 02 dan SDN 07 Kota Bengkulu. Pengambilan Sampel menggunakan cluster random sampling sehingga diperoleh kelas VB SD Negeri 07 Kota Bengkulu (kelas eksperimen) dan kelas VB SD Negeri 02 Kota Bengkulu (kelas kontrol). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar skala sikap likert yang berjumlah 17 pernyataan. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis inferensial yaitu uji-t. Hasil penelitian diketahui bahwa rata-rata posttest kelompok eksperimen sebesar 80,97 dan kelompok kontrol sebesar 78,73. Hasil uji-t menunjukkan bahwa thitung (2,13) lebih besar dari ttabel (2,00) artinya thitung > ttabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan penggunaan model pembelajaran problem based learning terhadap sikap peduli lingkungan siswa. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran problem based learning terhadap sikap peduli lingkungan pada pembelajaran tematik siswa kelas V di SD Negeri Kota Bengkulu. Kata kunci : Model Problem Based Learning, Sikap Peduli Lingkungan

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 26 May 2023 03:55
Last Modified: 26 May 2023 03:55
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12029

Actions (login required)

View Item View Item