PENGEMBANGAN LABORATORIUM VIRTUAL BERBASIS WEBSITE DI KELAS X TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN (TKJ) SMKN 3 KOTA BENGKULU (Research and Development)

Riska, Dara and Afrizal, Mayub and Rosane, Medriati (2020) PENGEMBANGAN LABORATORIUM VIRTUAL BERBASIS WEBSITE DI KELAS X TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN (TKJ) SMKN 3 KOTA BENGKULU (Research and Development). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI DARA RISKA FIXS (A1E015022).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangkan dan kelayakan media pembelajaran laboratorium virtual berbasis website pada materi suhu dan kalor kelas X TKJ SMKN 3 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R & D) dengan metode 4D yang telah dimodifikasi menjadi 3D. Proses pengembangan terdiri dari tahap pendefinisian atau define, perancangan atau design, dan pengembangan atau develope. Hasil validasi menunjukkan bahwa media pembelajaran laboratorium virtual berbasis website ini dikategorikan sangat layak digunakan dengan kriteria 87,5%. Persentase tersebut merupakan rata-rata dari aspek format = 85,41% dengan kriteria sangat layak; aspek ilustrasi = 86,1% dengan kriteria sangat layak; aspek bahasa = 85,41% dengan kriteria sangat layak; dan aspek isi = 91,67% dengan kriteria sangat layak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran laboratorium virtual berbasis website pada materi suhu dan kalor memenuhi kriteria dengan kualitas sangat layak sebagai salah satu media pembelajaran yang digunakan peserta didik kelas X SMKN 3 Kota Bengkulu. Kata Kunci: Pengembangan, laboratorium virtual, website, suhu dan kalor

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 26 May 2023 09:13
Last Modified: 26 May 2023 09:13
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12034

Actions (login required)

View Item View Item