RANCANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATERI SISTEM EKSKRESI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DI SMA (Penelitian Deskriptif Kualitatif)

Utamy, Dhinda Reya and Irdam, Idrus and Dewi, Jumiarni (2020) RANCANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATERI SISTEM EKSKRESI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DI SMA (Penelitian Deskriptif Kualitatif). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang perangkat pembelajaran model kooperatif tipe Jigsaw pada materi sistem ekskresi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik di SMA. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Tahapan penelitian ini meliputi 1) Telaah Kurikulum, 2) Analisis Kompetensi Dasar, 3) Telaah Materi pelajaran, 4) Merumuskan Indikator dan Tujuan Pembelajaran, 5) Menentukan Model, Metode dan Media Pembelajaran, 6) Penyusunan Alat Evaluasi Pembelajaran. Hasil penelitian berupa rancangan perangkat pembelajaran meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Diskusi Peserta Didik (LDPD), 7) Evaluasi. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) untuk materi sistem ekskresi dirancang dengan mengacu pada model kooperatif tipe Jigsaw terdiri dari enam langkah yaitu : 1) Guru membagikan ringkasan materi sistem ekskresi kepada peserta didik, 2) Pembagian kelompok asal, 3) Diskusi kelompok ahli, 4) Laporan kelompok ahli ke kelompok asal, 5) Evaluasi, 6) Pemberian penghargaan. Rancangan Lembar Diskusi Peserta Didik (LDPD) dalam upaya meningkatkan berpikir kritis peserta didik pada materi sistem ekskresi dibuat dengan kerangka yaitu 1) Halaman judul LDPD, 2) Isi LDPD terdiri dari a) Tujuan pembelajaran, b) Landasan teori, c) Soal diskusi. Kata Kunci: Perangkat pembelajaran, model kooperatif tipe Jigsaw, Sistem Ekskresi, Berpikir Kritis.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Biology Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 29 May 2023 04:55
Last Modified: 29 May 2023 04:55
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12055

Actions (login required)

View Item View Item