KEGAMANGAN IDENTITAS ETNIK DAN STOCK OF IDENTITY PADA MASYARAKAT PESISIR KOTA BENGKULU (Sebuah Kajian Komunikasi Antarbudaya Pada Etnik Melayu Kota Bengkulu)

Alfarabi, Alfarabi and Mas, Agus Firmansyah (2021) KEGAMANGAN IDENTITAS ETNIK DAN STOCK OF IDENTITY PADA MASYARAKAT PESISIR KOTA BENGKULU (Sebuah Kajian Komunikasi Antarbudaya Pada Etnik Melayu Kota Bengkulu). Project Report. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Text (Laporan Penelitian S2 Ilmu Komunikasi FISIP UNIB 2021)
Laporan Penelitian S2 Ilmu Komunikasi FISIP UNIB 2021.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (926kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang bagaimana kegamangan identitas pada masyarakat Bengkulu yang memiliki heterogenitas penduduk. Situasi penelitian ini berangkat dari fenomena di lapangan di mana masih banyak penduduk pendatang dan keturunannya yang masih kebingungan untuk menyatakan identitas cultural-nya. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif pada masyarakat Kota Bengkulu. Informan penelitian terdiri atas tokoh-tokoh masyarakat dan akademisi yang memenuhi kriteria penelitian. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dan kelompok diskusi terfokus. Hasil penelitian dianalisis dengan pendekatan Miles dan Huberman serta divalidasi menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian memberikan gambaran bahwa kegamangan identitas terjadi pada generasi muda yang berasal dari keturunan orang tua yang tidak berasal dari Kota Bengkulu. Beberapa pilihan yang dapat dilakukan untuk memiliki identitas adalah dengan bergabung kepada salah satu dari stock of identity yang tersedia di Kota Bengkulu. Pertama adalah identitas dengan sebutan Orang Bengkulu, kedua adalah identitas menjadi Orang Melayu Bengkulu, dan ketiga adalah menjadi Orang Melayu Lembak Bengkulu. Dari ketiga pilihan identitas tersebut, menjadi Orang Bengkulu dan menjadi Orang Melayu Bengkulu lebih terbuka bagi pendatang di Kota Bengkulu

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: J Political Science > J General legislative and executive papers
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Communication
Depositing User: UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu
Date Deposited: 29 May 2023 08:41
Last Modified: 29 May 2023 08:41
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12057

Actions (login required)

View Item View Item