PENGARUH PENDEKATAN INTERACTIVE CONCEPTUAL INSTRUCTION (ICI) BERBANTUAN SIMULASI PHET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMAN 9 KOTA BENGKULU (Quasi Experiment Research)

Prastika, Ega and Andik, Purwanto and Nirwana, Nirwana (2020) PENGARUH PENDEKATAN INTERACTIVE CONCEPTUAL INSTRUCTION (ICI) BERBANTUAN SIMULASI PHET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMAN 9 KOTA BENGKULU (Quasi Experiment Research). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI EGA PRASTIKA BENAR-1-1.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pendekatan pendekatan (ICI) berbantuan simulasi phet terhadap hasil belajar, dan menentukan besar pengaruh pendekatan pendekatan (ICI) berbantuan simulasi Phet terhadap hasil belajar. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa-siswi kelas X MIPA di SMAN 09 Kota Bengkulu. Materi pelajaran yang dibahas adalah hukum newton gravitasi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Pengajaran dengan pendekatan ICI berbantuan simulasi Phet digunakan sebagai kelas eksperimen dan pengajaran dengan cara tanpa pendekatan ICI berbantuan simulasi Phet sebagai kelas kontrol. Instrument yang digunakan pada penelitian ini adalah soal tes untuk hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa diukur menggunakan uji-t untuk mendeskripsikan hasil pretest dan post test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Untuk mencari besar pengaruh pendekatan ICI berbantuan simulasi phet digunakan effect size. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari perbandingan nilai sig.(2-Tailed) dengan uji independent T test antara pretest kelas kontrol dan eksperimen sebesar 0.490 artinya tidak terdapat perbedaan dan post test kelas control dan eksperimen sebesar 0,001 terdapat perbedaan atau ICI berpengaruh terhadap hasil belajar, dengan besar pengaruh yaitu 0,78 atau ICI berbantuan simulasi phet memberikan pengaruh sebesar 43% pada satu kali pertemuan. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Interactive conceptuan ictruction (ICI) berbantuan simulasi phet terhadap hasil belajar siswa sebesar 43%. Kata Kunci: Interactive Conceptual Instruction (ICI), Simulasi Phet, Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 30 May 2023 07:37
Last Modified: 30 May 2023 07:37
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12080

Actions (login required)

View Item View Item