STUDI DESKRIPTIF JENJANG KOGNITIF DAN AFEKTIF SOAL UJIAN SEKOLAH MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN SISWA SD/MI KOTA BENGKULU TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Darianti, Eka and Herman, Lusa and Dwi, Anggraini (2020) STUDI DESKRIPTIF JENJANG KOGNITIF DAN AFEKTIF SOAL UJIAN SEKOLAH MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN SISWA SD/MI KOTA BENGKULU TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI EKA DARIANTI BR. GINTING.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Permasalahan yang terjadi selama ini guru belum pernah mengukur proporsi soal dalam kompetensi dasar pada per jenjang mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Sehingga belum diketahui sebaran soal yang ada dalam ujian sekolah mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Selain itu kenyataan yang terjadi dilapangan adalah soal-soal yang dibuat guru dalam ujian sebgaian besar hanya terfokus pada soal ranah kognitf saja padahal untuk mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan harus mempertimbakan ranah afektif juga yang terimplisit dalam Permendikbud No. 37 tahun 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proporsi soal dalam kompetensi dasar per jenjang kelas, jenjang kognitif, jenjang afektif soal ujian sekolah mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan siswa SD/MI Kota Bengkulu Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah Kelas VI SD/MI Kota Bengkulu. Obyek dalam penelitian ini adalah kesesuaian kompetensi dasar kelas IV, V, dan VI dengan soal ujian sekolah, soal ujian sekolah, proporsi jenjang kognitif, proporsi jenjang afektif pada soal ujian sekolah. Instrumen penelitian digunakan adalah dokumentasi berupa soal ujian sekolah mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan siswa SD/MI Kota Bengkulu Tahun Pelajaran 2019/2020. Data penelitian dianalisis menggunakan proporsi jenjang kognitif jenjang afektif pada butir soal dianalisis kemudian dihitung persentasenya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Proporsi soal dalam kompetensi dasar per jenjang kelas, meliputi pada kompetensi dasar kelas VI sebanyak 4 butir soal persentase sebesar 10%, kelas V sebanyak 9 butir soal persentase sebesar 22,5% dan kelas VI sebanyak 27 butir soal persentase sebesar 67,5%; 2) Proporsi jenjang kognitif, meliputi jenjang memahami (C2) sebanyak 11 butir soal sebesar 27,5%, menerapkan (C3) sebanyak 8 butir soal sebesar 20%, menganalisis (C4) ) sebanyak 15 butir soal sebesar 37,50%, dan mengevaluasi (C5) ) sebanyak 6 butir soal sebesar 15%. Berdasarkan analisis, jenjang mengingat (C1) dan jenjang mencipta (C6) belum ada dalam butir soal ujian sekolah; 3) Proporsi jenjang afektif, meliputi jenjang merespon (A2) sebanyak 5 butir soal persentase sebesar 12,5%, jenjang menghargai (A3) sebanyak 15 butir soal persentase sebesar 37,5%, jenjang mengorganisasikan (A4) sebanyak 8 butir soal persentase sebesar 20%, dan jenjang karakterisasi menurut nilai (A5) sebanyak 5 butir soal persentase sebesar 12,5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa butir soal ujian sekolah mata pelajaran PPKn tahun pelajaran 2019/2020 telah diketahui proporsi jumlah soal dalam kompetensi dasar per jenjang kelas, proporsi jenjang kognitif dan jenjang afektif.. Kata kunci: kesesuaian kompetensi dasar, jenjang kognitif, jenjang afektif.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 30 May 2023 07:37
Last Modified: 30 May 2023 07:37
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12082

Actions (login required)

View Item View Item