PENGARUH MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA KELAS IV SD (STUDI EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN IPA DI SD GUGUS XVII KOTA BENGKULU)

Yunipiranda, Elisa and Endang, Widi Winarni and Dalifa, Dalifa (2020) PENGARUH MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA KELAS IV SD (STUDI EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN IPA DI SD GUGUS XVII KOTA BENGKULU). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI ELISA YUNIPIRANDA(1).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Creative Problem Solving terhadap kemampuan literasi sains siswa kelas IV SD (Studi eksperimen pada pembelajaran IPA di SD gugus XVII Kota Bengkulu). Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu. Desain dalam penelitian ini adalah the matching only pretest-posttest control group desain. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas IV gugus XVII Kota Bengkulu. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling sehingga diperoleh kelas IVC SDN 11 Kota Bengkulu sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB SDN 04 Kota Bengkulu sebagai kelas kontrol. Uji coba dilakukan pada kelas V SDN 08 Kota Bengkulu. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar angket komponen sikap saintifik yang berjumlah 10 pernyataan, lembar tes komponen konteks berbentuk pilihan ganda yang berjumlah 5 soal, lembar tes komponen pengetahuan berbentuk pilihan ganda yang berjumlah 10 soal dan rubrik penilaian komponen kompetensi. Hasil perhitungan uji-t pada komponen sikap saintifik didapatkan nilai thitung sebesar 7,891 lebih besar dari pada nilai ttabel sebesar 1,677, pada komponen konteks didapatkan nilai thitung sebesar 5,863 lebih besar dari pada nilai ttabel sebesar 1,677, komponen pengetahuan didapatkan nilai thitung sebesar 11,208 lebih besar dari pada nilai ttabel sebesar 1,677, dan pada komponen kompetensi pada kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol, hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata siswa kelas eksperimen sebesar 7,4 dan pada kelas kontrol sebesar 6,6. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t literasi sains secara keseluruhan didapatkan nilai thitung sebesar 5,511 lebih besar dari pada nilai ttabel sebesar 1,677 artinya terdapat pengaruh yang signifikan model Creative Problem Solving terhadap kemampuan literasi sains siswa. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh model Creative Problem Solving terhadap kemampuan literasi sains siswa kelas IV SD (Studi eksperimen pada pembelajaran IPA di SD gugus XVII Kota Bengkulu). Kata kunci : Model Creative Problem Solving, Kemampuan Literasi Sains, IPA

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 30 May 2023 08:01
Last Modified: 30 May 2023 08:01
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12087

Actions (login required)

View Item View Item