ANALISIS BUKU TEKS MATEMATIKA SMP KELAS VII KURIKULUM 2013 EDISI REVISI 2016 PADA MATERI PERBANDINGAN BERDASARKAN KOMPONEN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING Penelitian Deskriptif (Descriptive Research)

Ambarita, Elisabeth V.K and Agus, Susanta and Nur, Aliyyah Irsa (2020) ANALISIS BUKU TEKS MATEMATIKA SMP KELAS VII KURIKULUM 2013 EDISI REVISI 2016 PADA MATERI PERBANDINGAN BERDASARKAN KOMPONEN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING Penelitian Deskriptif (Descriptive Research). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
A1C016048_ELISABETH V K AMBARITA_SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kesesuaian buku teks matematika kurikulum 2013 SMP kelas VII semester 2 edisi revisi 2016 pada materi perbandingan ditinjau dari komponen komponen Contextual Teaching And Learning (CTL). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Deskriptif (Descriptive Qualitative Research). Subjek dalam penelitian ini adalah buku Matematika Kemendikbud Edisi Revisi 2016 ditinjau dari aspek materi. Penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan komponen kontruktivisme persentase kesesuaian buku yaitu 100 % dengan kategori sangat sesuai. Berdasarkan komponen penemuan persentase kesesuaian buku yaitu 36,66% dengan kategori kurang sesuai sesuai. Berdasarkan komponen pemodelan persentase kesesuaian buku yaitu 0 % dengan kategori kurang sesuai. Berdasarkan komponen bertanya persentase kesesuaian buku yaitu 100 % dengan kategori sangat sesuai. Berdasarkan komponen refleksi persentase kesesuaian buku yaitu 50 % dengan kategori cukup sesuai. Berdasarkan komponen masyarakat belajar persentase kesesuaian buku yaitu 100 % dengan kategori sangat sesuai. Berdasarkan komponen penilaian yang sebenarnya persentase kesesuaian buku yaitu 75 % dengan kategori sesuai. Dapat disimpulkan bahwa buku teks matematika kelas VII pada bab perbandingan sesuai dengan 4 komponen CTL yaitu kontruktivisme, bertanya, masyarakat belajar dan penilaian yang sebenarnya dan buku teks matematika ini kurang sesuai dengan 3 komponen CTL yaitu pemodelan, penemuan dan refleksi. Kata kunci : Analisis, Buku Teks, Kesesuaian

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 30 May 2023 08:01
Last Modified: 30 May 2023 08:01
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12089

Actions (login required)

View Item View Item