PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) PADA MATERI PENCEMARAN TANAH TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 2 MUKOMUKO

Dila, Elvi Fuspita and Endang, Widi Winarni and Ariefa, Primair Yani (2020) PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) PADA MATERI PENCEMARAN TANAH TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 2 MUKOMUKO. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
ELVI FUSPITA DILA (A1D016029).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Contextual Teaching Learning (CTL) pada materi pencemaran tanah terhadap kemampuan literasi sains peserta didik kelas X SMAN 2 Mukomuko. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi experimen dengan desain penelitian The Matching Only Pretest-Postest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X SMAN 2 Mukomuko. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 28 peserta didik kelas sebagai kelas eksperimen dan sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar angket literasi sains aspek sikap dan lembar tes literasi sains aspek pengetahuan, konteks dan kompetensi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan jenis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian CTL menunjukkan aspek sikap sebesar 3,92, aspek pengetahuan sebesar 3,97, aspek konteks sebesar 5,04 dan aspek kompetensi sebesar 4,03 dengan hasil pada taraf signifikan α=5% sebesar 1,67. Setiap aspek literasi sains menunjukkan hasil , maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model CTL pada materi pencemaran tanah terhadap kemampuan literasi sains peserta didik kelas X SMAN 2 Mukomuko Kata Kunci : Model Contextual Teaching Learning (CTL), Literasi Sains, Pencemaran Tanah

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Biology Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 05 Jun 2023 02:10
Last Modified: 05 Jun 2023 02:10
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12094

Actions (login required)

View Item View Item