PENGEMBANGAN LKPD MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS GAME PADA MATERI PERBANDINGAN KELAS VII SMPN 13 KOTA BENGKULU Penelitian Dan Pengembangan (Research and Development)

Ginting, Emsaritia A Br and Hanifah, Hanifah and Nurul, Astuty Yensy (2020) PENGEMBANGAN LKPD MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS GAME PADA MATERI PERBANDINGAN KELAS VII SMPN 13 KOTA BENGKULU Penelitian Dan Pengembangan (Research and Development). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI_A1C016039_EMSARITIA A BR GINTING.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja peserta didik model Problem Based Learning berbasis Game materi perbandingan yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan prosedur penelitian ADDIE. Tahapannya yaitu tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan, tahap implementasi dan tahap evaluasi. Instrumen penelitian terdiri dari lembar validitas, lembar kepraktisan dan lembar efektivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan LKPD dengan model Problem Based Learning berbasis Game pada materi perbandingan kelas VII SMPN 13 Kota Bengkulu termasuk dalam kategori: (1) sangat valid memiliki skor 4.22 dengan cara (a) LKPD menunjukkan kebenaran dan kesesuaian dengan kompetensi dasar pada validasi materi, (b) LKPD sesuai dengan format, desain dan tahapan dari Problem Based Learning yang berbasis game pada validasi konstruksi, (c) penggunaan huruf dan kalimat jelas, serta penggunaan kalimat perintah sesuai dengan validasi bahasa, (2) sangat praktis memiliki skor 4,68 dengan cara tulisan pada LKPD jelas dan mudah dibaca, petunjuk dan langkah�langkah Problem Based Learning berbasis game mudah digunakan oleh peserta didik dan (3) sangat efektif memiliki skor 90,3 dengan cara langkah-langkah pada LKPD membantu peserta didik belajar memahami materi perbandingan yaitu perbandingan dengan satuan sama dan berbeda, perbandingan senilai dan berbalik nilai dengan tabel data, grafik dan persamaan dan perbandingan pada peta. Langkah-langkah Problem Based Learning yang berbasis game membantu peserta didik dalam menyelesaikan tes hasil belajar dengan persentase ketuntasan 93,75%. Kata Kunci: Problem Based Learning, Lembar Kerja Peserta Didik, Penelitian Pengembangan

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 05 Jun 2023 02:32
Last Modified: 05 Jun 2023 02:32
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12099

Actions (login required)

View Item View Item