IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) SISTEM ZONASI DI SMA NEGERI 1 KAUR TAHUN 2020

Saferi, Ersan and Sudarwan, Danim and Asti, Putri Kartiwi (2020) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) SISTEM ZONASI DI SMA NEGERI 1 KAUR TAHUN 2020. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
TESIS ERSAN SAFERI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (810kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengatahui bagaimana pelaksanaan implementasi Penerimaan Peserta Didik Baru ( PPDB) sistem zonasi di SMA Negeri 1 Kaur tahun 2020. Yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian adalah: 1). Perencanaan PPDB sistem zonasi. 2). Pelaksanaan PPDB sistem zonasi. 3). Formulasi kuota PPDB sistem zonasi dan 4). Faktor penghambat pelaksanaan PPDB sistem zonasi. Metode penelitian ini adalah kualitatif dekriptif. Subjek dalam peneltian ini adalah kepala sekolah dan wakil kesiswaan atau ketua panitia PPDB SMA Negeri 1 Kaur. Data di peroleh melalui teknik wawancara, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data adalah dengan analisis data terdiri dari tiga alur kegiatan, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau Verifikasi. Tetapi sebelum dilakukan tiga alur analisis tersebut, dilakukan analisis pendahuluan yaitu pengumpulan data. Selain itu analisis data juga menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian adalah 1). Perencanaan PPDB sistem zonasi di SMA Negeri 1 Kaur sudah berjalan sesuai dengan regulasi yang ada. 2). Pelaksanaan PPDB sistem zonasi di SMA Negeri 1 Kaur sudah berjalan dengan baik. 3. Formulasi kuota jalur Prestasi, jalur Afirmasi dan jalur perpindahan orang tua / wali tidak memenuhi kuota. Sedangkan jalur zonasi melebihi kuota yang telah ditetapkan. 4). Tidak ada terdapat faktor penghambat secara internal pada pelaksanaan PPDB sistem zonasi, akan tetapi pada faktor eksternal terdapat faktor penghambat dalam pelaksanaan PPDB sistem zonasi di SMA Negeri 1 Kaur yaitu pada kelopok sasaran / calon peserta didik banyak yang salah dalam menentukan titik koordinat jarak rumah ke sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Administrasi / Manajemen Pendidikan
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 05 Jun 2023 02:57
Last Modified: 05 Jun 2023 02:57
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12107

Actions (login required)

View Item View Item