Peran Sekretaris Camat Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai Di Kantor Camat Ratu Agung Kota Bengkulu

Oktavia, Elta Dwi and Roeliana, Loesida and Nursanty, Nursanty (2017) Peran Sekretaris Camat Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai Di Kantor Camat Ratu Agung Kota Bengkulu. Undergraduated thesis, UNIVERSITAS BENGKULU.

[img] Archive (TESIS)
SKRIPSI ELTA DWI OKTAVIA REV.1.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only until 4 October 2017.
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (39MB)

Abstract

Sekretaris camat diharapkan perannya dalam meningkatkan kinerja pegawai. Peran Sekretaris camat dalam meningkatkan kinerja pegawai tercantum dalam Peraturan Walikota Bengkulu Nomor 28 Tahun 2008 Tentang Uraian Tugas, Fungsi Dan Tata Kerja Pemerintah Kecamatan Kota Bengkulu Pada Pasal 4 Ayat 2 yakni : 1). Pemeriksaan dan penilaian hasil kerja bawahan, 2). Pengelolaan administrasi kepegawaian, 3). Pelaksanaan koordinasi, pembinaan, pengendalian, evaluasi dan pelaporan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan terdapat permasalahanpermasalahan dalam kinerja pegawai. Adapun permasalahannya adalah sebagai berikut : banyaknya pegawai atau staf yang absen pada jam dan hari kerja, pengelolaan administrasi pegawai yang belum baik. Sehingga peneliti tertarik melakukan penelitian dengan judul : Peran Sekretaris Camat dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai di Kecamatan Ratu Agung Kota Bengkulu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Sekretaris Camat dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai di Kantor Camat Ratu Agung Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode-metode deskriptif kualitatif dan pada umumnya penelitian ini berbentuk studi kasus. Pengumpulan data digunakan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Penulisan memakai purposiv sampling yaitu dengan informan dan responden 1 orang camat, 1 orang kasubbag kepegawaian, 1 orang kasubbag keuangan, 1 orang kasubbag umum, dan 3 orang staf, responden 1 orang sekretaris camat. Penelitian ini memiliki beberapa aspek yaitu : 1). Pemeriksaan dan penilaian hasil kerja bawahan, 2). Pengelolaan administrasi kepegawaian, 3). Pelaksanaan koordinasi, pembinaan, pengendalian, evaluasi dan pelaporan. Adapun hasil penelitian untuk peran sekretaris camat dalam meningkatkan kinerja pegawai cukup baik. Hal ini terlihat dari Pemeriksaan dan Penilaian Hasil Kerja Pegawai, Sekretaris Camat Memeriksa dan menilai hasil kerja pegawai menegur jika ada yang salah dan memberikan sanksi bagi yang terus mangulangi kesalahan. Peran Sekretaris Camat dalam pengelolaan administrasi pegawai belum berjalan dengan baik, dibuktikan dengan belum adanya database pegawai. Hal ini menunjukan bahwa pengelolaan administrasi Pegawai belum berjalan dengan maksimal. Untuk aspek pelaksanaan koordinasi, pembinaan, pengendalian, evaluasi dan pelaporan cukup baik dibuktikan dengan sekretaris camat terjun langsung ketika pegawai mengerjakan program kerja mereka, laporan akhir tahun yang isinya seluruh kegiatan yang telah dilaksanakan, kegiatan yang belum terlaksana, serta kendala-kendala dan rekomendasi untuk tahun berikutnya. Sekretaris camat turun langsung dalam mengkoordinasi, membina, mengendalikan, mengevaluasi dan menerima laporan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration
Depositing User: 022 Lili Haryanti
Date Deposited: 10 Oct 2017 02:43
Last Modified: 10 Oct 2017 02:43
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12150

Actions (login required)

View Item View Item