POLA KOMUNIKASI ORGANISASI UNTUK MITIGASI BENCANA DAERAH PADA PASCA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus pada BPBD Kabupaten Bengkulu Utara)

Adhrianti, Lisa (2022) POLA KOMUNIKASI ORGANISASI UNTUK MITIGASI BENCANA DAERAH PADA PASCA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus pada BPBD Kabupaten Bengkulu Utara). Technical Report. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Text (Laporan Akhir Penelitian skema penelitian Unggulan FISIP UNIB)
63- Bu Lisa - Penelitian Unggulan FISIP 2022.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB) | Preview

Abstract

Bencana Covid-19 yang dianggap sebagai bencana sosial masih menjadi masalah hingga saat ini setelah pandemi sejak tahun 2020. Menarik untuk mengidentifikasi dan menjelaskan pola komunikasi penanganan bencana Covid-19 di daerah yang masyarakatnya masih belum terlalu percaya dengan keberadaan Covid-19 seperti di Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu melalui upaya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Tujuan penelitian ini secara umum untuk mengetahui pola komunikasi organisasi yang terjadi di BPBD Kabupaten Bengkulu Utara pasca pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan jenis-jenis pola komunikasi organisasi yang terjadi di BPBD Kabupaten Bengkulu Utara dalam mengatasi pandemi pasca COVID-19. Penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik validitas data yang digunakan oleh peneliti triangulasi data. Hasil penelitian terdapat pola komunikasi vertical, horizontal dan diagonal yang dilakukan oleh BPBD Bengkulu Utara pasca pandemi COVID-19 yang dianggap efektif untuk mitigasi bencana daerah. Kata Kunci: Pola Komunikasi Organisasi, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, COVID-19, Bengkulu Utara

Item Type: Monograph (Technical Report)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Communication
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 08 Jun 2023 04:21
Last Modified: 08 Jun 2023 04:21
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12169

Actions (login required)

View Item View Item