Saraseila, Fasadena and Karjiyati, Victoria and Neza, Agusdianita (2020) PENGARUH MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR GUGUS XIV KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
SKRIPSI FASADENA SARASEILA-A1G016063.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (12MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Realistic Mathematics Education terhadap kemampuan literasi matematika siswa kelas V Sekolah Dasar Gugus XIV Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan adalah quasy ekperimental dengan jenis desain the matching only pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah SD Gugus XIV Kota Bengkulu. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Sampel pada penelitian ini kelas V di SDN 42 Kota Bengkulu sebagai kelas eksperimen dan kelas V di SDN 24 Kota Bengkulu sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar tes yang berbentuk uraian berjumlah 4 soal. Pengambilan tes sebanyak dua kali, yaitu sebelum dan sesudah pembelajaran berlangsung pada kelas eksperimen dan kontrol. Berdasarkan perhitungan uji-t hasil posttest siswa, di mana thitung = 4,09 dan ttabel = 2,07. Karena thitung > ttabel dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model realistic mathematics education terhadap kemampuan literasi matematika siswa kelas V sekolah dasar gugus XIV kota Bengkulu. Kata Kunci: Realistic Mathematics Education, Kemampuan Literasi Matematika
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 09 Jun 2023 02:40 |
Last Modified: | 09 Jun 2023 02:40 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12182 |
Actions (login required)
View Item |