PENGARUH MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR GUGUS XIV KOTA BENGKULU

Saraseila, Fasadena and Karjiyati, Victoria and Neza, Agusdianita (2020) PENGARUH MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR GUGUS XIV KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI FASADENA SARASEILA-A1G016063.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Realistic Mathematics Education terhadap kemampuan literasi matematika siswa kelas V Sekolah Dasar Gugus XIV Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan adalah quasy ekperimental dengan jenis desain the matching only pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah SD Gugus XIV Kota Bengkulu. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Sampel pada penelitian ini kelas V di SDN 42 Kota Bengkulu sebagai kelas eksperimen dan kelas V di SDN 24 Kota Bengkulu sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar tes yang berbentuk uraian berjumlah 4 soal. Pengambilan tes sebanyak dua kali, yaitu sebelum dan sesudah pembelajaran berlangsung pada kelas eksperimen dan kontrol. Berdasarkan perhitungan uji-t hasil posttest siswa, di mana thitung = 4,09 dan ttabel = 2,07. Karena thitung > ttabel dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model realistic mathematics education terhadap kemampuan literasi matematika siswa kelas V sekolah dasar gugus XIV kota Bengkulu. Kata Kunci: Realistic Mathematics Education, Kemampuan Literasi Matematika

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 09 Jun 2023 02:40
Last Modified: 09 Jun 2023 02:40
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12182

Actions (login required)

View Item View Item