PENGARUH MODEL MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PEMAHAMAN, PENERAPAN, PENALARAN SISWA KELAS V MATERI IPA

Rizana, Febria Kwartati and Daimun, Hambali and Irwan, Koto (2020) PENGARUH MODEL MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PEMAHAMAN, PENERAPAN, PENALARAN SISWA KELAS V MATERI IPA. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Tesis Lengkap Febria.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model make a match terhadap hasil belajar kognitif level pemahaman, penerapan pada siswa kelas V materi IPA di MI Al-Islam kota bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dan metode eksperimen quasi experimental design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V MI Al-Islam kota bengkulu berjumlah 83 siswa. Sampel penelitian ini kelas VA dan VB yang berjumlah 59 siswa. Teknik dalam mengumpulkan data pada penelitian ini yaitu tes (pretest dan posttest). Kemampuan Kognitif Pemahaman hasil nilai U adalah 0,017 < 0,05 dan nilai Sig. (2-tailed) adalah sebesar 0,003< 0,05 maka H01 ditolak Ha1 diterima. Kemampuan Kognitif Penerapan hasil nilai U adalah 0,025 < 0,05 dan nilai Sig. (2- tailed) adalah sebesar 0,005 < 0,05 maka H02 ditolak Ha2 diterima. Kemampuan Kognitif Penalaran hasil nilai U adalah 0,027 < 0,05 dan nilai Sig. (2-tailed) adalah sebesar 0,000 < 0,05 maka H03 ditolak Ha3 diterima. Pada hasil uji hipotesis pada nilai pretest dan posttest, di simpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan penggunaan model Make a match terhadap kemampuan kognitif penalaran pada pembelajaran IPA kelas V SD di MI Al-Islam Kota Bengkulu. Kata Kunci : Make A Match, Pemahaman, Penerapan, Penalaran, Materi IPA Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 09 Jun 2023 02:57
Last Modified: 09 Jun 2023 02:57
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12189

Actions (login required)

View Item View Item