PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA POP-UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SD GUGUS X KOTA BENGKULU

Yuliani, Fera and Herman, Lusa and Pebrian, Tarmizi (2020) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA POP-UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SD GUGUS X KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI FERA YULIANI A1G016014.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Discovery Learning berbantuan media Pop-Up Book terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimental dengan jenis desain The Matching Only Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Gugus X Kota Bengkulu. Sampel pada penelitian ini adalah kelas IV B SDN 58 Kota Bengkulu dan kelas IV B SDN 38 Kota Bengkulu. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Jumlah sampel 42 siswa terdiri dari kelas IV B SDN 58 Kota Bengkulu berjumlah 21 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B SDN 38 Kota Bengkulu berjumlah 21 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes hasil belajar pengetahuan berbentuk soal pilihan ganda (multiple choice) yang diberikan melalui Pretest dan Posttest, untuk hasil belajar aspek sikap dan keterampilan instrumen yang digunakan adalah lembar observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan jenis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil pengolahan data, diketahui bahwa hasil uji-t menunjukkan nilai t hitung pada mata pelajaran Bahasa Indonesia sebesar 2,96 dan IPA sebesar 5,03 lebih besar dari pada nilai t tabel pada taraf signifikan 5% sebesar 2,02. Dengan demikian Hipotesis alternatif (Ha) terbukti dan diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model Discovery Learning berbantuan media Pop-Up Book terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik. Kata kunci: Discovery Learning, Media Pop-Up Book, Tematik, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 09 Jun 2023 03:15
Last Modified: 09 Jun 2023 03:15
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12192

Actions (login required)

View Item View Item